6 Tips Membuat Kopi Jadi Lebih Sehat

TrubusLife
Ayu Setyowati | Followers 0
16 Mei 2018   17:00

Komentar
6 Tips Membuat Kopi Jadi Lebih Sehat

Ilustrasi (Foto: Natural Living Ideas)

Trubus.id -- “Selain memasok dosis antioksidan yang signifikan, kebiasaan minum kopi setiap hari juga dapat membantu menangkal sejumlah penyakit, termasuk diabetes tipe 2, Parkinson, dan kanker usus besar dan payudara,” Tentu banyak yang setuju dengan pernyataan barusan. Namun tak sedikit pula pendapat yang mengumandangkan efek buruk kopi. 

Terlalu banyak kontroversi tentang kopi, namun tak ada pula yang bisa menyangkal kenikmatannya. Jadi, win-win solution-nya adalah memikirkan bagaimana cara untuk membuatnya lebih sehat. Untuk memaksimalkan manfaat dari cangkir kesayangan kamu, cobalah enam kiat ini seperti dikutip dari laman Time.  

Minumlah segelas air dulu

Penelitian telah menunjukkan bahwa meskipun kafein bersifat diuretik (yang berarti memicu kehilangan cairan), tubuhmu tetap dapat menyesuaikan asupan kafein secara konsisten, yang meniadakan efek dehidrasi. 

Namun, banyak orang yang memulai hari dengan kopi menemukan bahwa mereka tidak minum cukup air putih di akhir hari. Jika kamu salah satunya, cobalah setidaknya satu cangkir H2O (biasa atau infused) saat kamu bangun. Dan targetkan minimal 1 liter air sepanjang hari agar tetap terhidrasi dengan baik.

Singkirkan pemanis buatan

Pemanis buatan mungkin bebas kalori, tetapi penelitian menunjukkan bahwa mereka dapat  memicu peningkatan risiko obesitas, penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Coba biasakan minum kopi tanpa pemanis, atau gunakan lebih sedikit dari gula asli.

Potong kembali ke satu paket gula

The American Heart Association merekomendasikan batas harian enam sendok teh gula tambahan per hari untuk perempuan. Daripada menuangkannya dari wadah yang lebih besar, gunakan paket atau sendok pengukur untuk melacak asupanmu. Dan coba gunakan hanya satu paket, atau satu sendok teh. Jika kamu menggunakan susu atau krim pra-pemanis, lewatkan gula pasir sama sekali.

Gunakan susu organik atau susu nabati

Jika kamu penggemar susu, pilihlah susu dan krim organik atau susu organik dalam kopimu. Susu yang diproduksi dengan cara ini mengandung lebih banyak nutrisi, serta asam lemak omega-3 anti-inflamasi.

Sebagai alternatif, pilihlah susu dan krimer yang terbuat dari almond, kelapa, jambu mete dan sumber tanaman lainnya. Mereka bisa jauh lebih rendah kalori daripada krim tradisional; dan mereka sering diproduksi dengan bahan alami (tanpa sirup jagung fruktosa tinggi) dan memberikan lemak tak jenuh tunggal yang sehat bagi jantung. 

Tambahkan kayu manis atau bumbu lainnya

Salah satu trik terbaik untuk memotong asupan gula adalah dengan menambahkan rempah-rempah “manis”, seperti kayu manis, jahe, pala dan cengkeh pada kopi. Selain meningkatkan rasa dan aroma, bumbu meningkatkan asupan antioksidan. Kayu manis memiliki manfaat tambahan dalam membantu dengan gula darah dan regulasi insulin. 

Coba "coffee nap"

Kamu mungkin menganggap kopi sebagai pilihan untuk hindari kantuk. Tapi efeknya tidak terasa sekitar 30 menit. Itu berarti jika kamu menikmati secangkir kopi sebelum tidur siang 20-30 menit, kamu mungkin bangun dengan ekstra energi. Pastikan kamu tidak mencoba hack ini terlambat di sore hari; sebaiknya berhenti mengonsumsi kafein enam jam sebelum tidur, ya. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: