5 Tips Jaga Pola Makan Saat Lebaran 

TrubusLife
Ayu Setyowati | Followers 0
14 Juni 2018   20:00

Komentar
5 Tips Jaga Pola Makan Saat Lebaran 

Hidangan Hari Raya (Foto: Istimewa)

Trubus.id -- Hari Raya memang waktunya makan enak! Setelah sebulan penuh berpuasa Ramadan, kita kerap ‘balas dendam’ dan kalap makan banyak tanpa memerhatikan kadar gula, lemak dan kolesterol jahat dalam makanan. Santan, daging, jeroan, gula dan garam berlebih dalam rendang, gulai, ketupat, sate dan opor, belum lagi kue kering, sirup, manisan. 

Rasanya memang tak afdal kan kalau tak menyantap itu semua? Hati-hati, Trubus Mania, jangan sampai setelah sebulan penuh detoksifikasi, kita malah terkapar tak berdaya karena sakit. 

Anyway, banyak anggapan bahwa kolesterol hanya dapat diderita orang gemuk atau orang tua. Wrong! Orang kurus dan  berusia muda juga tak berarti aman dari kolesterol tinggi, karena dengan mengonsumsi makanan yang mengandung kolesterol dan lemak jahat secara berlebihan dapat meningkatkan resiko terjadinya penyakit yang menyerang pembuluh darah seperti stroke, penyakit jantung, hipertensi atau asam urat. 

Well, makanan berlemak dan tinggi kolesterol saat Lebaran memang sudah menjadi tradisi dan kadang tak bisa dihindari. Lalu bagaimana cara menyiasati agar tetap bisa makan enak sekaligus mencegah kadar gula, tekanan darah dan kolesterol melambung naik? Memang tak banyak yang bisa dilakukan selain menyeimbangkannya dengan beberapa jenis makanan yang bisa mencegah resiko-resiko buruk seperti di atas. Simak beberapa tipsnya, yuk! 

Konsumsi Makanan Tinggi Serat

Tentu saja terdiri dari sayur dan buah-buahan, terutama yang mengandung serat tidak larut seperti apel, pepaya dan nanas. Serat larut berfungsi mengikat lemak yang berasal dari makanan untuk kemudian dibuang bersama kotoran serta memperlambat penyerapan gula. Pilih yang masih segar, bukan yang sudah diproses. Hindari semangka dan buah-buahan manis lainnya yang mengandung rendah serat. 

Baca Lainnya: Selain Menurunkan Kolesterol, Ini 5 Manfaat Sehat Apel 

Gunakan Minyak Zaitun, Kaldu Sayuran atau Jus Tomat 

Daripada menggunakan minyak atau mentega berlemak tinggi, lebih baik pilih minyak zaitun, canola, kaldu sayuran atau jus tomat sebagai alternatif dalam mengolah makanan. Jadi, sehabis menyantap makanan berlemak di rumah saudara atau tetangga, seimbangkan dengan makanan olahan sendiri yang sarat kandungan bergizi ya, Trubus Mania

Tambahkan Kayu Manis 

Kayu manis ternyata mengandung antioksidan yang membantu mengontrol tingkat gula darah serta dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah karena kandungan kalsium, serat dan mineral di dalamnya. Tambahkan ½ sendok teh bubuk kayu manis dalam minuman favorit atau cake Lebaran kamu, selain aromanya yang mewah, kamu juga dapat khasiatnya, kan. 

Konsumsi Lebih Banyak Kacang

Ganti kacang goreng untuk hidangan Lebaran kamu dengan kacang kenari dan almond yang terbukti berdampak pada penurunan kadar kolesterol secara signifikan. Kandungan Omega-3 nya juga bisa membantu mengurangi risiko penyakit jantung, loh. 

Perbanyak Jus Lemon 

Meski kecut, lemon yang mengandung vitamin C kadar tinggi terbukti punya banyak khasiat bagi kesehatan. Mengonsumsi jus lemon selama 30 hari dapat menurunkan kolesterol jahat dengan signifikan. 

Nah, Trubus Mania, sebelum Hari Raya benar-benar tiba, siapkan ancang-ancang untuk hidup lebih sehat, ya. Jangan sampai proses detoksifikasi selama puasa rusak karena seminggu ‘makan enak’. 

Mulailah dengan mengubah pola hidup dan pola makan yang kurang baik dengan mengurangi konsumsi makanan berkolesterol dan mengandung lemak jenuh tinggi. Makan sedikit dengan intensitas sering lebih baik dari pada makan banyak tapi jarang. Selamat Berhari Raya!

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

5 Hal Ini yang Membuat Oat Milk Kian Digemari

Ayu Setyowati   Health & Beauty
Bagikan:          

Berat Badan Tak Juga Turun, Coba Diet Jamur

Ayu Setyowati   Health & Beauty
Bagikan:          
Bagikan: