Ilustrasi (Foto: Pixabay/C_Scott)
Health & Beauty

5 Tips Cegah Keriput Wajah Saat Tidur

By Ayu Setyowati
May 16, 2018

Trubus.id -- Tahukah kamu bahwa posisi tidur dapat memengaruhi keriput di wajah? Ya, meskipun keriput, garis-garis halus, dan lipatan pada kulit adalah bagian normal dari proses penuaan, posisi tidur yang salah ternyata dapat menyebabkan wajah menua lebih cepat, loh. 

Tidur dengan posisi menyamping atau tengkurap dengan wajah menempel di sarung bantal, misalnya, dapat menyebabkan pembentukan garis halus di dahi atau pipi.

Keriput dan garis halus tersebut disebabkan oleh hilangnya kolagen dan elastisitas, yang mengurangi volume kulit.

Baca Lainnya: Tak Perlu Ribet, Ini 5 Cara Alami untuk Tidur Nyenyak

Tapi, memberikan tekanan berulang seperti tidur dengan posisi menyamping ataupun menggerakkan otot wajah (tertawa atau cemberut, misalnya) akan mempercepat kerusakan kolagen, yang akhirnya mengarah pada garis halus di wajah.

Gesekan dan kontak dengan bantal menyebabkan kulit wajah tertarik dan terdorong. Maka dari itu, prosedur seperti Botox yang bekerja efektif pada keriput akibat ekspresi wajah pun tidak akan bekerja optimal bagi keriput akibat posisi tidur.

Melansir Kompascom, keriput tidur akan dengan cepat menghilang pada kulit yang lebih muda, namun pada akhirnya menjadi permanen akibat tekanan terus menerus saat tidur dan berkurangnya elastisitas kulit dari proses penuaan.

Baca Lainnya: Tidur Siang Bisa Membuat Otak Kita Mengingat Hal yang Tak Pernah Terjadi

Mengatasi garis halus dan keriput akibat posisi tidur adalah tantangan besar, karena satu-satunya cara untuk menghindarinya adalah dengan tidak tidur miring maupun tengkurap. 

Mengubah kebiasaan tidur bawah sadar bisa sangat sulit, namun jangan menyerah! Berikut adalah beberapa cara untuk meningkatkan kualitas rutinitas tidur demi mencegah keriput sebisa mungkin.

1. Tidur dengan wajah bersih 

Selalu cuci wajah sebelum tidur untuk menghapus tumpukan minyak, kotoran, keringat, dan makeup. Tidur tanpa membersihkan segala sisa debu dan kotoran tidak hanya menyebabkan pori tersumbat, tetapi juga mencegah sel kulit baru untuk timbul ke permukaan.

2. Aplikasikan krim malam 

Pelembap wajah yang dirancang khusus untuk digunakan saat malam dapat membantu meremajakan kulit dan memperbaiki kerusakan. Saat kita menua, produksi kolagen akan melambat. Kulit dewasa juga memiliki lebih sedikit kadar minyak yang bisa menyebabkan kulit kering, sehingga keriput dan garis halus akan semakin tampak jelas. 

Pilih produk krim malam yang mengandung hyaluronic acid, yang membantu untuk mengenyalkan dan mengencangkan kulit, dan retinol untuk meremajakan kulit dengan mendorong produksi kolagen yang bisa mencegah timbulnya keriput.

3. Konsumsi vitamin 

Vitamin A, C, B kompleks, dan E membantu memastikan penampilan kulit yang sehat, segar, dan tampak muda.

4. Cerdas pilih bantal 

Kini tersedia banyak bantal kecantikan yang dirancang dengan bentuk khusus untuk mencegah distorsi wajah. Kabar baiknya, bantal jenis ini bisa kita gunakan untuk tidur telentang atau menyamping. Jika kamu lebih suka tidur menyamping, pilih sarung bantal yang bisa menurunkan stress fisik pada wajah. 

Berbahan satin atau sutra, misalnya. Atau yang memiliki lekukan di bagian pipi. Bahan sutera atau satin yang sangat halus bisa mengurangi kemungkinan mengembangkan lipatan di kulit wajah. Dengan begitu, peluang daya tarikan akan lebih rendah dan wajah tidak akan menggesek sarung bantal yang lecek saat tidur, tak seperti dengan sarung bantal berbahan katun.

5. Ganti posisi tidur 

Tidur tengkurap atau menyamping akan memberikan tekanan konsisten pada wajah. Seiring waktu, kebiasaan ini akan menghasilkan keriput tidur yang tidak diinginkan. Kita bisa menyiasatinya dengan tidur telentang. Dengan posisi tidur ini, kita tidak akan memberikan tekanan apapun pada wajah. 

Tidur telentang mungkin tidak terasa nyaman bagi sebagian orang, dan kita tidak bisa mengontrol gerakan bawah sadar selagi tidur yang membuat kita kembali tidur menyamping atau tengkurap. 

Tapi, kita bisa loh melatih kebiasaan untuk tidur telentang. Tempatkan bantal tambahan di bahwa lutut untuk menjaga tetap di posisi ini selama tidur. Taruh bantal besar di satu sisi tubuh, dan konsentrasikan berat tubuh di sisi tersebut sebanyak yang kamu bisa. 

Baca Lainnya: Warga Jepang Habiskan Waktu Tidur Paling Sedikit di Dunia

Gunakan bantal ini sebagai penopang bahu dan sebagian dada, dan ‘lempar’ kaki dan pinggul di atas bantal tersebut. Posisi ini akan membuat kepala agak menjauhi bantal tidur dan membuang banyak tekanan dari wajah. 

Selain itu, tidur telentang juga akan membantu kita meluruskan punggung. Tetapi, perlu dicatat bahwa beberapa orang yang memiliki masalah medis tertentu, seperti sleep apnea, refluks lambung, masalah leher dan punggung, dan wanita hamil sebaiknya tidak tidur telentang. [NN]

Komentar

    Silahkan masukkan komentar...

Your email address will not be published.

Registration Login
Sign in with social account
or
Lupa Password?
Daftar Login
Sign in with social account
or
Registration Login
Registration