20 Ekor Cacing Dikeluarkan dari Mata Perempuan Cantik Asal Amerika

TrubusLife
Syahroni | Followers 0
13 Feb 2018   17:30

Komentar
20 Ekor Cacing Dikeluarkan dari Mata Perempuan Cantik Asal Amerika

Cacing Thelazia gulosa (Foto: Dr Jhon Hoyt)

Trubus.id -- Seorang perempuan asal Oregon, Amerika Serikat dinyatakan sebagai manusia pertama di dunia yang mengalami infeksi mata karena spesies cacing kecil yang sebelumnya hanya terlihat pada ternak.

Abbey Beckley (28) sedang bekerja di kapal nelayan komersial di Alaska pada musim panas 2016 lalu saat dia pertama kali merasakan ada sesuatu di matanya. Selama 2 minggu di tengah lautan, perasaan tidak nyaman ia rasakan di matanya.

Ketika tiba di daratan 5 hari kemudian, dia membuka kelopak matanya dan berusaha mengeluarkan benda yang awalnya dia kira hanyalah bulu mata. Namun ketika diperhatikan, benda itu ternyata cacing. Parasit seukuran benang itu menggeliat di ujung jarinya untuk beberapa saat kemudian mati.

Baca Lainnya: Cacing Ternyata Mampu Hidup Lahir di Planet Mars

Khawatir dengan kondisi itu, Abbey mengunjungi dokter mata. Di sana ia semakin terbelalak. Dokter mata yang menanganinya justru kembali mengeluarkan 4 ekor cacing lain dari matanya. Anehnya, dokter itu juga tidak mengetahui cacing yang ia temukan di mata Abbey.

Akhirnya, Abbey dirujuk ke spesialis mata di Portland, Oregon. Spesialis mata di sana kemudian mengirim sampel cacing dari mata Abbey ke Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika. Hasilnya diketahui, cacing dari mata Abbey diidentifikasi sebagai parasit yang disebut Thelazia gulosa. Anehnya, cacing ini tidak pernah dilaporkan menyerang manusia. Cacing ini sendiri biasa disebarkan oleh lalat yang biasa menyerap cairan pada bola mata hewan ternak. 

"Mata kiri ku benar-benar teriritasi dan merah, dan kelopak mata ku berkabut, aku juga mengalami migren. Aku tidak tahu apa yang terjadi," ujar Abbey kepada CNN.

Perempuan itu cerita, ketika mendapati matanya memerah, dia langsung mencari cermin, mengangkat kelopak matanya dan melihat benda itu di dalamnya. 

"Aku menarik bagian bawah mataku dan menyadari bahwa kulitku tampak aneh. Jadi aku memasukkan jari-jari ke dalam dan langsung mengambil benda itu. Dan seekor cacing keluar dari mataku. Aku langsung shok. kemudian temuan itu aku beritahukan ke temanku," jelas Abbey lagi. 

Abbey cerita, 5 detik setelah dikeluarkan dari matanya, cacing itu berhenti bergerak. Yah, cacing itu langsung mati. Ia menambahkan, selama 20 hari menjalani perawatan, 14 cacing Thelazia gulosa sepanjang setengah inci telah berhasil dikeluarkan dari matanya.

Jenis cacing Thelazia ini biasanya hanya ditemukan pada ternak di hampir seluruh Amerika Serikat bagian utara dan selatan Kanada, tulis laporan penelitian yang diterbitkan American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Dalam penelitian itu juga disebutkan, masyarakat yang menghuni kawasan Amerika Utara mungkin lebih rentan mengalami infeksi seperti itu. Dampaknya, jika cacing itu menghuni lebih lama di mata manusia, mereka bisa menyebabkan luka pada kornea yang bisa berujung pada kebutaan.

Baca Lainnya: Menjijikkan, Ada Cecak Hidup di Telinga Manusia

"Kasus infeksi parasit cacing jarang ditemukan di AS, dan kasus ini ternyata merupakan spesies Thelazia yang belum pernah dilaporkan pada manusia," kata pemimpin penelitian Richard Bradbury, dari Divisi Parasitik CDC dan Malaria.

Bradbury mengatakan, diperkirakan hanya ada dua spesies cacing mata yang menginfeksi manusia di seluruh dunia. Sementara jenis Thelazia gulosa ini adalah cacing jenis ketiga yang ditemukan.

Kasus infeksi mata cacing sebelumnya telah dilaporkan di seluruh dunia, terutama di Eropa dan Asia dan di masyarakat pedesaan yang dekat dengan peternakan dan dengan standar hidup yang buruk. Tapi biasanya, cacing mata ditemukan di berbagai hewan termasuk anjing, kucing dan karnivora liar tertentu. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Tanaman Hijau Bikin Perempuan Panjang Umur

Diah Fauziah   Health & Beauty
Bagikan:          

Cara Cepat Tumbuhkan Rambut dengan 3 Bahan Alami

Ayu Setyowati   Health & Beauty
Bagikan:          
Bagikan: