Bantu Selamatkan Bumi, Singapura Bangun Hotel Hijau

TrubusLife
Karmin Winarta | Followers 0
23 April 2018   11:24

Komentar
Bantu Selamatkan Bumi, Singapura Bangun Hotel Hijau

Hotel di SIngapura (Foto: Istimewa)

Trubus.id -- Singapura dikenal sebagai negara yang terdepan dalam menangani isu energi inovatif dan gaya hidup hijau. Negeri pulau ini telah mencanangkan tahun ini sebagai Year of Climate Action.

Selain untuk membantu menyelamatkan bumi, dengan membangun hotel yang berkonsep "hijau" Singapura juga memperoleh keuntungan di bidang pariwisata.

Saat ini di kalangan milenial sedang tren hotel-hotel mewah berkonsep hijau menjadi pilihan utama para traveler. Mereka menuntut sebuah perjalanan yang berkelanjutan.

Menurut Organisasi Pariwisata Dunia Perserikatan Bangsa-Bangsa, 5 persen emisi karbon dioksida di seluruh dunia dihasilkan oleh dunia pariwisata.

Baca: 7 Kota Terhijau di Dunia

Karena itu konsumen yang sadar lingkungan akan memilih hotel yang mempunyai sertifikasi ramah lingkungan. Namun sampai saat ini masih sedikit hotel di Asia yang memperoleh sertifikasi itu.

Scmp.com menulis, Green Hotel World menyebut Asia adalah benua dengan kinerja terburuk, hanya ada 0,9 persen hotel yang mempunyai sertifikasi "hijau".

Sebuah studi yang dilakukan pada 2016 menemukan fakta, dari 7.000 tamu yang dilibatkan, dua pertiga bersedia membayar lebih mahal dengan menginap di hotel yang ramah lingkungan. 

Search Engine khusus travel, Kayak, telah memfilter mana saja hotel-hotel yang termasuk dalam kategori ramah lingkungan.

Menurut Jason Yeung, kepala pemasaran dan PR untuk Asia-Pasifik, hotel yang termasuk dalam kategori ini adalah hotel yang menghemat air dan energi, menyajikan makanan lokal, menyediakan sepeda untuk transportasi dan melakukan upaya pengurangan limbah.

Salah satu hotel di Singapura yang terdaftar sebagai ramah lingkungan adalah Parkroyal di Pickering.

Baca Lainnya: Inspiratif, Taman Berjalan Ini Jadi Solusi Hijau di Kota Poznan

Dari kejauhan, kehijauan hotel ini menakjubkan. Hotel ini memiliki skygardens, air terjun, teras perkebunan dan cascading vertical greenery, dengan tutupan vegetasi seluas 15.000 meter persegi, dua kali lipat dari total luas lahan hotel.  

Hotel ini juga  menawarkan wisata alam gratis dan kelas yoga di Fort Canning Park dan jika pengunjung mau juga bisa berpartisipasi dalam program tanaman-pohon.  

Tertarik menginap? [KW]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          

60 Persen Spesies Kopi Liar Terancam Punah 

Ayu Setyowati   Plant & Nature
Bagikan:          
Bagikan: