Berapa Banyak Air yang Sebetulnya Dibutuhkan Tubuh Dalam Sehari?

TrubusLife
Ayu Setyowati | Followers 0
20 April 2018   21:45

Komentar
Berapa Banyak Air yang Sebetulnya Dibutuhkan Tubuh Dalam Sehari?

Air membentuk sekitar 60 persen dari tubuh. (Foto: Organic Life)

Trubus.id -- Ada banyak perdebatan di kalangan medis mengenai berapa banyak idealnya asupan air yang dibutuhkan tubuh dalam sehari. Yang jelas, air membentuk sekitar 60 persen dari tubuh, membantu mengangkut nutrisi ke sel-sel tubuh, memindahkan limbah keluar dari tubuh dan memainkan peran penting dalam respirasi dan metabolisme energi, menurut ke National Academy of Sciences's Institute of Medicine, dikutip dari Cosmopolitan.

"Dehidrasi merusak jaringan dan menurunkan volume darah, yang dapat mengurangi aliran darah ke organ vital," kata Dr Irwin Rosenberg, M.D., Ilmuwan Senior di Neuroscience and Aging Laboratory Tufts University.

Itulah mengapa, dehidrasi ringan dapat memicu sakit kepala, urine yang gelap, dan menyebabkan mulut kering, kata Melissa Majumdar, seorang ahli diet terdaftar di Pusat Metabolisme dan Bariatrik Bedah dengan Brigham Health dan juru bicara untuk Akademi Nutrisi dan Diet.

Baca Lainnya: Wow, Ternyata Air Putih juga Ada yang Organik, Mau Coba?

Cara Menghitung Kebutuhan Cairan Harian

Kebanyakan perempuan dewasa membutuhkan 11 cangkir cairan per hari, sementara pria sekitar 15 cangkir. Tetapi, sebagian besar tergantung pada berat badan dan tingkat aktivitas masing-masing, kata Majumdar.

Secara teknis, Trubus Mania dapat memperkirakan berapa liter ??cairan untuk diminum setiap hari dengan mengalikan berat badan (dalam pon) dengan 0,5. Jika berencana untuk berolahraga atau menghabiskan waktu di panas atau dingin yang ekstrem, kalikan dengan gunakan 0,66. Ingat, ada 8 ons cairan dalam satu cangkir.

Perlu diingat, penyakit juga dapat memengaruhi keseimbangan cairan tubuh. Menurut Centers for Disease Control, ketika seseorang mengalami muntah atau diare, mereka akan mengeluarkan banyak air. Untuk memulihkan kondisi tersebut, disarankan untuk mengonsumsi kaldu atau minuman olahraga yang mengandung elektrolit restoratif.

Baca Lainnya: Pria Ini Nekat Diet Ekstrem Air Putih Selama 47 Hari, Hasilnya?

Untuk Mengetahui Apakah Minum Cukup atau Tidak

Tidak perlu menghitung cangkir, dengarkan saja tubuh kamu.

"Sistem tubuh kita dibangun untuk memberi tahu kita saat haus," kata Dr. Rosenberg.

Tanda pertama yang mungkin didapatkan dari kekurangan asupan cairan adalah berkurangnya air liur, yang dimulai ketika kekurangan dua gelas hidrasi dan menyebabkan kekeringan di mulut, menurut Majumdar.

Cairan Seperti Apa yang Dihitung?

Jika kamu tidak suka dengan air putih biasa, minuman lain yang tidak mengandung gula tambahan, menurut Majumdar ialah susu atau air putih yang diinfuskan buah atau air berkarbonasi dapat dihitung untuk tujuan hidrasi. [DF]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: