Darimana Virus Berasal, Peneliti Punya Jawabannya

Diah Fauziah
18 April 2018   23:00 WIB

Darimana Virus Berasal, Peneliti Punya Jawabannya

Virus. (Foto: Science)

Trubus.id -- Trubus Mania, kalian penasaran enggak, darimana sih virus itu berasal? Enggak usah bingung lagi, karena para peneliti di Spanyol punya jawabannya.

Sebenarnya, para peneliti telah menduga ada banyak virus mengelilingi Bumi, berada di atas sistem cuaca, tapi di bawah alur perjalanan pesawat. Menurut peneliti, 800 juta virus ada di Bumi, setiap hari, menyebar ke udara melalui air laut, dan sisanya, berada dalam badai debu, hingga kemudian sampai di tubuh manusia.

“Bukan hal luar biasa menemukan virus tersapi dari Afrika ke Amerika Utara,” kata Curtis Suttle, ahli virus di University of British Columbia, Kanada kepada New York Times.

Baca Lainnya: 4 Virus Flu yang Menyerang Amerika Serikat

Dikatakan Curtis, virus berperan besar dalam ekosistem dunia.

“Jika bisa menghitung semua materi yang hidup di lautan, 95 persennya itu hal yang tidak bisa dilihat dengan mata manusia. Asal tahu, virus dan bakteri bertanggung jawab untuk menyediakan setengah jumlah oksigen di Bumi,” kata Curtis.

Sebelum dipublikasikan di International Society of Microrobial Ecology Journal, Curtis melakukan percobaan di laboratorium dengan memfilter virus dari air laut dan memisahkannya dari bakteri. Hasilnya, plankton di air mulai berhenti tumbuh.

Baca Lainnya: Bakteri Norovirus Serang 1.200 Penjaga Keamanan Olimpiade Musim Dingin

“Virus telah menginfeksi salah satu spesies mikroba, membebaskan nutrisi di dalamnya, seperti nitrogen. Inilah yang memberi makan spesies bakteri lain,” ujarnya.

Penelitian ini memperkirakan jika virus di lautan menyebabkan triliunan infeksi setiap detiknya, menghancurkan sekitar 20 persen dari semua bakteri di laut setiap hari. [DF]