Malang, Rubah-rubah Ini Diperlakukan Tak Layak Demi Diambil Bulunya

TrubusLife
Ayu Setyowati
18 April 2018   13:00 WIB

Komentar
Malang, Rubah-rubah Ini Diperlakukan Tak Layak Demi Diambil Bulunya

Rubah berbulu perak. (Foto: Pinterest)

Trubus.id -- Lagi-lagi animal abuse. Sebuah peternakan di Finlandia yang memproduksi bulu untuk pasar fashion Inggris, ketahuan mengurung hewan dan memperlakukan mereka dengan buruk.

Dilansir dari Mirror, hewan-hewan malang tersebut diketahui adalah jenis silver fox alias rubah berbulu perak yang 'dipenjara' karena memiliki bulu yang sangat indah.

Sebuah video yang dirilis Oikeutta Eläimille, organisasi di Finlandia yang melindungi hak binatang menunjukkan kondisi menyedihkan dari sekumpulan rubah. Hewan-hewan yang aslinya hidup di alam liar itu ditempatkan di kandang kayu dan besi, mirip kandang ayam.

Oikeutta Eläimille melakukan penyelidikan secara diam-diam pada kandang rubah berbulu perak itu. Dari hasil investigasi, ditemukan betapa hewan-hewan tersebut diperlakukan secara menyedihkan demi diambil bulunya di sebuah peternakan di kawasan barat Finlandia.

Foto: Science News.

Hewan tersebut sengaja dibuat menjadi sangat gemuk alias overweight agar bulu mereka semakin tebal. Saking gemuknya, hewan-hewan ini jadi sulit bergerak. Bahkan, mata mereka mengalami infeksi karena bulu tebal yang menutupi mata. Keprihatinan pun datang dari berbagai pihak setelah video tersebut viral.

"Video ini menunjukkan hewan yang mengalami kegemukan, sakit dan mentalnya hancur, disia-siakan demi perdagangan bulu yang mengklaim bahwa bulu hewan ini diternak dengan cara baik-baik," ujar Claire Bass dari Humane Society International UK.

Baca Lainnya: Binatang Liar pun Membutuhkan Rumah Sakit, Caranya?

Mirisnya, sangat mudah menemukan produk fashion dengan bahan bulu rubah perak di pasar online semacam eBay, Etsy ataupun AliExpress. Entahlah, apakah itu bulu asli atau bukan. Yang jelas, bukti kekerasan terhadap hewan demi kebutuhan fashion sudah terpapar nyata.

"Sangat menyedihkan melihat hewan-hewan indah dan pintar ini dipenjara seumur hidup di kandang kecil. Hewan-hewan ini sangat tidak layak untuk berada di peternakan," kecam pakar alam liar, Chris Packham.

Rubah-rubah perak yang ada di peternakan tersebut, menurut Oikeutta Eläimille, memiliki bulu berwarna perak yang sangat indah. Bulu-bulu mereka akan dijual ke pasar Inggris. Masih menurut Mirror, lebih dari 2,5 juta poundsterling produk bulu diimpor dari Finlandia ke Inggris dalam kurun waktu lima tahun terakhir. [DF]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bawang Merah dan Daun Bawang Manakah yang Lebih Sehat

Health & Beauty   29 Jan 2021 - 09:39 WIB
Bagikan:          

Dosen IPB University Berbagi Tips Merawat Ikan Hias

Pet & Animal   12 Jan 2021 - 10:50 WIB
Bagikan:          
Bagikan: