Peran Penting Orangtua Melindungi Keluarga dari Diabetes

TrubusLife
Diah Fauziah | Followers 0
13 April 2018   18:30

Komentar
Peran Penting Orangtua Melindungi Keluarga dari Diabetes

Ilustrasi. (Foto: Essentials.)

Trubus.id -- Diabetes merupakan penyakit keturunan. Artinya, orangtua dapat ‘mewariskan’ penyakit tersebut ke anak atau cucunya. Oleh karena itu, orangtua memiliki peran penting dalam melindungi seluruh anggota keluarga dari penyakit mematikan tersebut melalui gaya hidup dan pola makan.

Yang harus dilakukan orangtua ialah menetapkan kebiasaan makan untuk buah hatinya.

“Diawali dengan memberikan makanan pertama pada anak kita,” kata Pelaksana Tugas Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kementerian Kesehatan, Asjikin Iman Hidayat Dachlan di kantor Kementerian Kesehatan Jakarta, Jumat (13/4).

Baca Lainnya: 3 Hal yang Bikin Orang Indonesia Rentan Diabetes

Oleh karena itu, orangtua seharusnya memerhatikan faktor gaya hidup tidak sehat yang jadi pemicu diabetes tipe dua, misalnya jumlah asupan energi berlebih, kebiasaan mengonsumsi jenis makanan dengan kepadatan energi tinggi, jadwal makan tidak teratur, dan kebiasaan konsumsi camilan.

“Jika orang tua menerapkan gaya hidup tidak sehat, akan diikuti oleh anak-anaknya. Yang menular dari penyakit diabetes adalah gaya hidupnya,” ucap Asjikin.

Apabila tidak menjalankan gaya hidup sehat, seseorang yang memiliki warisan genetik diabetes dari orangtuanya bisa mengidap penyakit ini di usia 30 tahun.

Baca Lainnya: Peneliti Mengidentifikasi Lima Jenis Diabetes, Bukan Hanya Tipe 1 dan 2

“Khusus untuk pengidap diabetes, penting melakukan olahraga rutin untuk memperbaiki resistensi insulin yang buruk. Dengan olahraga, sebagian masalah diabetes sudah teratasi," jelasnya.

Data dari International Diabetes Federation (IDF) pada tahun 2017, Indonesia merupakan negara keenam dengan pengidap diabetes terbesar di dunia yakni 10,3 juta jiwa. Jika tidak tertangani dengan baik, Badan Kesehatan Dunia (WHO) memproyeksikan angka kejadian diabetes di Indonesia meningkat menjadi 21,3 juta jiwa pada tahun 2030. [DF]
 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: