Metode 4-7-8, Cara Unik untuk Cepat Terlelap

TrubusLife
Ayu Setyowati | Followers 0
07 April 2018   21:00

Komentar
Metode 4-7-8, Cara Unik untuk Cepat Terlelap

Metode 4-7-8, salah satu cara untuk bisa cepat terlelap (Foto: Positive People)

Trubus.id -- Bukan hanya bagi masyarakat ibukota, gangguan tidur sepertinya sudah menjadi masalah banyak orang, terutama di era digital ini. Jika kamu salah satunya, mungkin membutuhkan metode unik ini untuk bisa cepat tidur.

Dilansir dari Vemale, kini ada cara mudah untuk tidur yang telah disetujui oleh para ahli. Cara ini bisa membuat seseorang tertidur lelap dalam waktu kurang dari satu menit, loh. Namanya, metode 4-7-8, dan bisa dilakukan dengan cara yang sangat sederhana.

Pertama, pastikan posisi di tempat tidur sudah nyaman. Lalu, tarik napas melalui hidung selama 4 detik, tahan napas selama 7 detik, dan keluarkan secara perlahan dari mulut selama 8 detik. Ulangi cara ini sampai kamu tertidur. 

Baca Lainnya: Ingin Tidur Lebih Berkualitas, Konsumsi 5 Jenis Makanan Ini 

Selain itu, para yogi (sebutan untuk pegiat yoga) juga menggunakan metode 4-7-8 untuk meraih kondisi relaksasi sepenuhnya, melawan stres, dan rasa khawatir. Pada prinsipnya, dengan memperlambat pernapasan, akan membuat detak jantung ikut melambat, dan menciptakan kondisi tenang untuk badan.

Dengan kata lain, metode ini seperti obat penenang untuk tubuh dan pikiran. Kamu juga dapat mencoba metode ini untuk tidur siang sejenak di saat break kantor, loh.

Baca Lainnya: Kenapa Ada Orang yang Butuh Lebih Banyak Tidur daripada yang Lain? 

"Teori ini menerapkan ritme tertentu pada napas (sistem sadar) yang akan memengaruhi pikiran dan tubuh (sistem bawah sadar). Diperlukan kontinuitas dalam melakukan cara ini, baik mingguan, bulanan, maupun tahunan untuk mendapatkan perubahan yang diinginkan," ujar Andrew Weil, seorang dokter dari Harvard.

Penasaran seberapa ampuh? Coba terapkan malam ini yuk, Trubus Mania! [DF]
 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Nangka, Jadi Superfood yang Bisa Membunuh Sel Kanker

Astri Sofyanti   Health & Beauty
Bagikan:          
Bagikan:          

Ternyata, Orang yang Puasa Rentan Sariawan

Astri Sofyanti   Health & Beauty
Bagikan: