Tak Masalah Jika Sesekali Mengonsumsi Makanan yang Digoreng, Asalkan...

TrubusLife
Ayu Setyowati
07 April 2018   11:00 WIB

Komentar
Tak Masalah Jika Sesekali Mengonsumsi Makanan yang Digoreng, Asalkan...

Asal kalian tahu, makanan yang digoreng tak sejahat yang dipikirkan. Kandungan vitamin B1, B2, B6 dan vitamin C dalam makanan yang digoreng, cenderung bertahan lama. (Foto: The Food Canon)

Trubus.id -- Meski predikat makanan yang digoreng sudah buruk tapi, sebenarnya tak masalah jika sesekali, Trubus Mania ingin mengonsumsi makanan yang digoreng.

Asal kalian tahu, makanan yang digoreng tak sejahat yang dipikirkan. Kandungan vitamin B1, B2, B6 dan vitamin C dalam makanan yang digoreng, cenderung bertahan lama, tak seperti ketika kamu mengukus atau merebus makanan itu. Asalkan bisa mengendalikan dan membatasi diri, maka sah-sah saja jika makan gorengan sesekali.

Terkadang, kamu merasa sangat ingin makan makanan yang digoreng. Jika sedang 'ngidam' seperti itu, kamu bisa kok mengakalinya supaya jadi lebih sehat, sehingga tidak merasa begitu bersalah ketika memakannya.

Untuk membuat camilan gorengan menjadi lebih sehat, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan. 

Pilih Minyak dengan Smoke Point Tnggi

Smoke point, istilah yang digunakan untuk menunjukkan pada suhu berapa minyak akan dipecah. Semakin tinggi kadarnya, itu lebih baik karena kamu bisa memasak dengan lebih cepat dan sedikit pula minyak yang akan diserap.

Salah satu minyak yang memiliki kadar smoke point yang tinggi adalah minyak canola. Jadi, tidak ada salahnya bila kamu ingin mencoba menggoreng menggunakan minyak tersebut.

Pilih Minyak dengan Kandungan Lemak Tak Jenuh

Kamu bisa mencoba menggunakan minyak yang mengandung lemak tak jenuh, karena jenis lemak ini baik bagi tubuh. Beberapa contoh minyak yang mengandung lemak jenis ini, yaitu minyak canola, minyak jagung dan sunflower oil.

Jangan Gunakan Minyak Berulang Kali

Jangan sampai menggunakan minyak goreng berkali-kali. Maksimal penggunaan minyak yang sehat adalah 2 kali saja. Lebih dari itu, minyak sudah mengandung lemak trans yang tinggi. Nah, inilah yang membuat kamu berisiko mengalami penyakit kronis.

Hindari Menggoreng Makanan Terlalu Lama

Jika ini dilakukan, dapat menurunkan kandungan nutrisi pada makanan. Bahkan, makanan yang digoreng terlalu lama atau pada suhu yang terlalu tinggi hingga gosong, dapat berbahaya bagi kesehatan. Pasalnya, semakin gelap dan gosong makanan, maka semakin tinggi kandungan acrylamide yang dapat memicu terjadinya kanker.

Tips Sehat

Setelah makan makanan yang digoreng, pasti kamu merasa kenyang dan takut jika berat badan naik. Nah, untuk mencegah hal itu terjadi, kamu bisa melakukan tips berikut ini:

1. Teratur berolahraga 

2. Minumlah air putih sebanyak 8 gelas per hari.

3. Batasi asupan makanan yang kaya akan lemak dan gula. Sebaliknya, perbanyaklah konsumsi makanan yang kaya akan serat, seperti pada buah dan sayuran.

4. Jangan melewatkan waktu makan. Dapat membuat kamu menjadi terlalu lapar, akibatnya makan dalam jumlah yang berlebih.

5. Cukup tidur, minimal 7 sampai 9 jam per hari.

6. Usahaka untuk mengonsumsi makanan yang diproses dengan cara dikukus atau direbus. [DF]
 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: