Jerapah, Kini Termasuk Hewan Langka, Rentan Punah

TrubusLife
| Followers 0
16 Agu 2017   10:00

Komentar
Jerapah, Kini Termasuk Hewan Langka, Rentan Punah

Jerapah (Foto: Istimewa)

Binatang berleher panjang tercatat tinggal kurang lebih 100 ribu ekor di alam liar seluruh dunia. Mamalia tertinggi di bumi ini adalah salah satu hewan paling ikonik di benyua Afrika. Jerapah menjadi simbol hewan nasional  resmi di Tanzania dan Botswana.

Menurut International Union for Conservation of Nature (ICUN), populasi jerapah liar telah turun sekitar 40% hanya dalam tiga dekade. Dengan kurang dari 100.000 jerapah yang tersisa di alam bebas, mereka sekarang terdaftar dalam daftar hewan yang rentan terancam punah.  

Sebenarnya, tidak hanya ada satu spesies jerapah, melainkan 4 spesies. Namun, pada tahun 2016, sekelompok peneliti menyampaikan data baru yang mendukung keberadaan empat spesies jerapah yang berbeda dan lima subspesies: Masai Utara (Subpecies: Kordofan dan Nubia) Afrika Barat Reticulated Selatan (Subspesies: Angola dan Afrika Selatan) Jerapah ini tidak hanya berbeda secara genetis, tapi juga relatif mudah membedakannya secara alami.

Masing-masing memiliki mantel dengan corak spot yang unik, dan beberapa memiliki jumlah ossicones yang berbeda (tonjolan seperti tanduk di kepala jerapah).

Beberapa populasi berjarak puluhan kilometer dan berada di beberapa negara terpisah satu sama lain. Beberapa spesies dan subspesies jerapah memiliki risiko lebih tinggi untuk punah daripada yang lain.

Dilansir dari greenfuture, jumlah jerapah tinggal sekitar 550 ekor di Afrika Barat yang tersisa di alam liar. Tragisnya, populasinya menurun tajam dari 37 ribu dekade lalu menjadi hanya  8.700 saat ini.

Penyebabnya beragam, mulai dari perang, seperti yang terjadi di Afrika namun penyebab yang paling merata adalah makin hilangnya habitat mereka.  

Dengan makin langkanya binatang ini, jerapah makin mempunyai nilai ekonomi yang tinggi.  Tentu saja, kepunahan makhluk berdampak lebih dari sekedar ekonomi. Perilaku jerapah bisa dikaitkan dengan peningkatan pertumbuhan tunas pada spesies tanaman tertentu. Bagi hewan lain, jerapah dianggap mampu melihat musuh atau hewan pemangsa.

Burung pun merasakan keuntungan  berteman dengan jerapah dengan memakan serangga yang menempel di tubuhnya. 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: