Kota Terapung, Solusi Tepat bagi Negara Kepulauan yang Terdampak Perubahan Iklim?

TrubusLife
Diah Fauziah
03 April 2018   17:15 WIB

Komentar
Kota Terapung, Solusi Tepat bagi Negara Kepulauan yang Terdampak Perubahan Iklim?

Kota terapung, solusi bagi negara kepulauan yang terkena dampak perubahan iklim. (Foto: ScieNews)

Trubus.id -- Salah satu dampak dari perubahan iklim ialah kenaikan permukaan air laut. Beberapa negara kepulauan seperti Indonesia dan Maladewa ikut terancam. Lantas bagaimana solusi tepat untuk mengatasi ini?

Institut Seasteading mengatakan jika kota terapung bisa menjadi jawabannya. Beberapa waktu lalu, Pemerintah Polynesia Prancis melakukan kerja sama dengan rumah desain Institut Seasteading untuk membuat kota terapung di permukaan Samudra Pasifik di lepas Pantai Tahiti.

Jika tidak ada halangan, kota terapung itu akan dibangun pada tahun 2019 mendatang. Itu karena, institut tersebut memerlukan waktu lima tahun untuk mendesain komunitas permanen dan inovatif yang mengapung di permukaan laut.

Baca Lainnya:  Kerja Sama Indonesia dan Grenada Atasi Dampak Perubahan Iklim

Tahap pertama, Pemerintah Polynesia Prancis akan membangun kota yang bisa menampung 250 hingga 300 orang. Nantinya, kota terapung akan menggunakan energi terbarukan dan dikelola dengan konsep ramah lingkungan.

Panggung mengambang akan dibangun dari beton bertulang, bisa menampung gedung bertingkat tiga dengan usia pakai 100 tahun. Setiap panggung dibuat sepanjang 50 meter dengan tinggi 5 meter. Selain itu, kota terapung akan dikelilingi oleh tembok setinggi 50 meter.

Menariknya, setiap panggung bisa dipindahkan ke tempat lain dengan menggunakan kapal penyeret dan dikaitkan dengan panggung lain, membentuk formasi yang diinginkan. Sayuran dan buah bisa ditanam di rumah kaca dengan sistem akuaponik. Sementara, sampah diangkut ke lokasi penampungan yang dibangun di daratan.

Baca Lainnya: Perubahan Iklim, Penyebab Kehancuran Keanekaragam Hayati di Dunia?

Karena bisa berpindah tempat, kota ini bisa memilih lokasi yang diinginkannya.

"Jika penduduknya tidak suka sebuah lokasi, mereka bisa pindah ke tempat yang diinginkan karena memang prosesnya tidak sulit," menurut keterangan Institut Seasteading.

Trubus Mania, jika kota terapung diterapkan di Indonesia, apakah kalian tertarik menjadi penduduknya? [DF]

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bawang Merah dan Daun Bawang Manakah yang Lebih Sehat

Health & Beauty   29 Jan 2021 - 09:39 WIB
Bagikan:          

Dosen IPB University Berbagi Tips Merawat Ikan Hias

Pet & Animal   12 Jan 2021 - 10:50 WIB
Bagikan:          
Bagikan: