Teknologi Manajemen Sampah Zero Jadikan Limbah dengan Ekonomi Tinggi

TrubusLife
Diah Fauziah | Followers 0
27 Mar 2018   23:00

Komentar
Teknologi Manajemen Sampah Zero Jadikan Limbah dengan Ekonomi Tinggi

Ilustrasi sampah. (Foto: Istimewa)

Trubus.id -- Teknologi Manajemen Sampah Zero (Masaro) efektif menjadikan berbagai macam sampah plastik bekas atau rumah tangga dengan nilai ekonomi tinggi. Masaro dapat menghasilkan berbagai daur ulang berupa kertas, kaca, logam, bahan bakar minyak, bahan aspal plastik, pupuk organik, bahan pakan ternak, dan juga kompos.

"Dengan Masaro, pengelolaan sampah bisa dilakukan di perdesaan atau kecamatan. Tidak diperlukan lagi TPS (Tempat Pembungan Sementara) dan TPA (Tempat Pembuangan Akhir) yang selama ini banyak dikeluhkan masyarakat,” kata Suhat Miyarso, Wakil Ketua Asosiasi Petrokimia Olefin, Aromatik dan Plastik di Jakarta, Selasa (27/3).

Teknologi Masaro melibatkan perangkat yang sudah ada seperti bank sampah, pelapak sampah, pengangkut sampah, pendaur ulang sampah dan aplikasi teknologi digital. Semua itu digunakan untuk membangun sinergi dan meningkatkan efektifitas pengolahan sampah.

“Dengan demikian, semua jenis sampah dapat ditangani dengan baik dan benar. Sehingga, tidak ada sampah yang mencemari permukiman, sungai, dan laut seperti sekarang,” jelas Suhat.

Daerah percontohan Masaro ialah Indramayu. Di wilayah itu, semua sampah, termasuk kantong belanja plastik bekas, sampah rumah tangga atau sampah pasar yang membusuk, mempunyai nilai ekonomi. Bisa ditingkatkan menjadi produk yang lebih berharga dan menguntungkan secara finansial. [DF]


 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: