30.000 Penduduk Amerika Mengidap Penyakit Ini Akibat Kutu

TrubusLife
Trubus Life
14 Agu 2017   14:15 WIB

Komentar
30.000 Penduduk Amerika Mengidap Penyakit Ini Akibat Kutu

Kutu dapat menularkan beberapa penyakit pada manusia. (Foto: pixabay/makamuki0)

Trubus.id -- Kutu dapat menebar banyak penyakit, bahkan ada beberapa gigitan mereka yang menyebabkan kematian. Walaupun kecil, kutu dapat menularkan bakteri, virus, dan parasit yang lebih beragam ketimbang hewan atau serangga lainnya.

Seorang ahli biologi di Centers for Disease Control (CDC) Colorado, Amerika Serikat, Rebecca Elsen menyatakan, ada 80 spesies kutu di Amerika Serikat dan dua belas di antaranya dapat menggigit manusia. Banyak pula infeksi penyakit yang menular melalui kutu di Amerika Serikat.

Rebecca menjelaskan secara geografis dalam jurnal Institute for Laboratory Animal Research (ILAR), populasi kutu yang menularkan penyakit telah menyebar hingga ke wilayah timur laut dan utara tengah. Tetapi populasi kutu masih stabil di wilayah tenggara Amerika Serikat.

Kutu diketahui menyebarkan beberapa jenis penyakit bakteri, seperti penyakit Lyme yang disebabkan bakteri Borrelia burgdorferi, demam Rocky Mountain yang disebabkan bakteri Rickettsia rickettsia, empat infeksi virus termasuk penyakit Powassan, dan penyakit babesiosis.

Penyakit-penyakit tersebut umumnya disebabkan oleh tiga spesies kutu, yaitu kutu hitam (Ixodis scapularis), kutu lone star (Amblyomma americanum), kutu anjing Amerika (Dermacentor variabilis).

Penyakit Lyme sangat umum ditularkan kutu pada manusia. Umumnya, penyakit ini memiliki gejala mirip flu. Jika penyakit itu terus berkembang, maka wajah akan mengalami kelumpuhan otot atau nyeri saraf. Menurut data CDC, sekitar 30.000 orang di Amerika Serikat setiap tahunnya mengidap penyakit Lyme akibat kutu. [WO/DF]
 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bawang Merah dan Daun Bawang Manakah yang Lebih Sehat

Health & Beauty   29 Jan 2021 - 09:39 WIB
Bagikan:          

Dosen IPB University Berbagi Tips Merawat Ikan Hias

Pet & Animal   12 Jan 2021 - 10:50 WIB
Bagikan:          
Bagikan: