Ini yang Terjadi pada Tubuh Jika Kamu Benar-benar Gluten-Free 

TrubusLife
Ayu Setyowati | Followers 0
27 Mar 2018   14:00

Komentar
Ini yang Terjadi pada Tubuh Jika Kamu Benar-benar Gluten-Free 

Gluten-free diet (Foto: Lavanguardia)

Trubus.id -- Banyak orang mengikuti metode diet tertentu atas nama tren belaka tanpa mengecek dan melakukan riset atas informasi yang didapatnya dari media, apakah metode tersebut cocok atau tidak baginya, termasuk diet bebas gluten alias gluten-free diet

Meski gluten dapat menyebabkan beberapa gejala yang tidak menyenangkan hingga komplikasi serius bagi orang-orang yang intoleran terhadap gluten (celiac), namun belum tentu begitu efeknya bagi kamu. Jadi, tak perlu benar-benar menghindarinya hanya untuk sekadar ikut tren.  

Baca Lainnya: 7 Tanda Trubus Mania Gluten Intoleran

Ada baik dan ada pula buruknya, berikut beberapa kondisi tubuh bisa kamu alami saat cut off gluten dari menu makanan kamu, berikut diantaranya: 

Sering Konstipasi

Dengan diet bebas gluten kamu tentu akan menghindari whole-grain (seperti roti dan pasta), padahal mereka termasuk sumber serat yang baik. Jika yang kamu lakukan hanyalah “membuangnya” dari menu tanpa mengompensasi kandungannya yang hilang, sistem pencernaan justru akan menjadi buruk, sering konstipasi adalah salah satu akibatnya. Dengan meningkatkan asupan sayuran dan kacang hijau, kamu akan terhindar dari risiko ini. 

Lebih Cepat Lapar 

Ketika kamu menghapus makanan dengan kandungan gluten - seperti roti atau nasi - kamu akan sadar bahwa kamu akan lebih sering dan lebih cepat lapar. Mie nabati - yang terbuat dari sayuran - tak akan mampu mengganti yang asli. 

Baca Lainnya: Gluten, Benarkah Harus Dihindari? 

"Kabut otak" Bisa Hilang 

Mereka yang menderita "kabut otak" alias susah berkonsentrasi dan pelupa menggambarkannya sebagai perasaan lesu dan malas, dan seringnya itu terjadi karena terkait dengan diet. Para ilmuwan telah menghubungkan kesehatan usus dengan kesehatan mental. Mengurangi peradangan di perut kamu dengan diet ini dapat membantu tubuhmu recharged.

Mengalami Kelelahan

Itu terjadi setiap kali kamu berhenti mengonsumsi sesuatu secara tiba-tiba. Kamu bisa mengalami mual, kram kaki, sakit kepala, dan kelelahan secara keseluruhan. Dokter menyarankan untuk mendapatkan banyak air dan menghindari aktivitas berat selama periode detoks.

Meningkatnya Energi 

Pencernaan membutuhkan banyak energi, dan itu bahkan membutuhkan lebih banyak pengorbanan ketika tubuhmu mencoba memproses sesuatu yang tidak dapat dilakukannya. Setelah bebas gluten, kamu akan dapat mengurangi ketegangan pada usus dan ada peluang yang baik bahwa tingkat energimu pun akan meningkat. [NN]


 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: