Chia Seed, Si Superfood Trendi dengan Banyak Manfaat Sehat

TrubusLife
Ayu Setyowati | Followers 0
23 Mar 2018   13:00

Komentar
Chia Seed, Si Superfood Trendi dengan Banyak Manfaat Sehat

Chia seed, superfood trendi dengan banyak manfaat sehat (Foto: The Charlie Foundation)

Trubus.id -- Wellness alias gaya hidup sehat masih jadi tren, termasuk berbagai macam superfood yang bisa ikut membantu menjaga kesehatan dari dalam. Salah satu superfood trendi yang belakangan menjadi perbincangan di kalangan pencinta makanan organik adalah chia seed, jenis biji-bijian kecil yang berasal dari tanaman Salvia hispanica L

Berasal dari Meksiko dan Amerika Selatan, chia seed belakangan sudah banyak masuk ke Indonesia dan menjadi salah satu makanan organik favorit. Rasanya memang cenderung hambar, untuk menikmatinya kamu perlu merendamnya dalam air atau susu atau bisa menjadikannya campuran makanan favorit lain. 

Chia seed punya banyak manfaat kesehatan bagi tubuh, terutama membantu menurunkan berat badan. Sifatnya yang mengembang setelah direndam cairan akan lebih mengembang lagi setelah berada di dalam perut. Itu sebabnya kamu akan merasa kenyang lebih lama setelah mengonsumsinya, dan mencegah kamu mengonsumsi lebih banyak makanan dalam waktu yang berdekatan. 

Mengutip Alodokter, chia seed sendiri sebenarnya mengandung asam lemak omega-3 yang sangat baik dan dibutuhkan tubuh untuk menurunkan trigliserida. Selain mengandung asam lemak omega-3, chia seed juga mengandung cukup banyak serat, yaitu setidaknya 10 gram serat terdapat di dalam 28 gram chia seed

Tidak hanya itu, 28 gram chia seed juga mengandung cukup ragam nutrisi lainnya yang  dibutuhkan tubuh. Antara lain 18 persen jumlah kalsium harian yang dibutuhkan, 30 persen mangan, 27 persen fosfor, 5 gram protein, 12 gram karbohidrat, 8 gram lemak, dan 138 kalori. Bahkan chia seed juga mengandung tembaga, kalium, dan zinc. 

Baca Lainnya: Tak Harus Impor, Ini 5 Superfood Asli Indonesia 

Why we love chia seed? 

Selain dapat membantu menurunkan berat badan, chia seed memiliki banyak manfaat sehat seperti;

Membantu melancarkan pencernaan 

Chia seed memiliki 10 gram serat per ons, menjadikannya salah satu makanan berserat tinggi yang bisa kamu temukan. Serat tidak hanya mencerna lebih lambat sehingga membuat kamu kenyang lebih lama, tetapi juga membantumu mempertahankan gerakan usus yang normal dan mengurangi konstipasi.

Namun berhati-hatilah, jika tubuhmu tidak terbiasa dengan biji, makan terlalu banyak di awal dapat benar-benar memiliki efek sebaliknya. Merendamnya terlebih dahulu adalah cara yang lebih aman untuk dilakukan. 

Baik untuk diet vegan

Protein dan kalsium adalah dua hal yang bisa sulit diperoleh jika kamu seorang vegan. Untungnya, chia seed kaya akan keduanya. Itu berarti mereka dapat membantu berkontribusi pada kesehatan tulang yang baik, membangun kekuatan, dan menurunkan berat badan. Mereka juga dapat digunakan sebagai pengganti telur dalam banyak resep dengan hanya menghaluskan dan mencampurnya dengan air.

Membantu membersihkan dan melembapkan kulit 

Mengonsumsi chia seed satu kali sehari selama seminggu dapat membantu membersihkan sekaligus melembapkan kulit yang kering dan bersisik, sehingga bisa membuatmu lebih muda, loh. 

Baik bagi penderita divertikulosis

Bagi kamu  yang mengidap divertikulosis (kantung yang terbentuk di dinding usus dan menonjol ke luar ke rongga perut), mengonsumsi makanan yang berserat tinggi dapat memperlancar pergerakan usus dan memungkinkan lebih banyak air terserap dalam usus besar. Selain itu, makanan berserat juga dapat mengurangi peradangan dan tekanan di usus besar.
Diabetes

Mengonsumsi 1000 kalori setiap harinya yang juga mengandung 14 gram serat memiliki kaitan dengan penurunan risiko diabetes tipe 2 dan penyakit jantung koroner. Selain itu, makanan yang mengandung tinggi serat juga dapat menjaga gula darah tetap stabil.

Bisa dicampur dengan apapun 

Mulai dari smoothies hingga overnight oat hingga roti panggang alpukat favorit kamu, chia seed dapat dicampur atau ditaburkan di atas hampir semua makanan. Mereka tidak memiliki banyak rasa sendiri, jadi kamu hampir tidak merasakan keberadaannya di makanan lain. 


Perhatikan Cara Pengolahannya

Guna mendapatkan manfaat chia seed di atas dengan maksimal, kamu perlu mengolahnya dengan baik. Dari satu kasus pada seorang penderita gangguan menelan makanan, chia seed dapat menyebabkan sumbatan pada saluran makanan (esofagus) karena sifatnya yang mudah menyerap air di sekitarnya. Chia seed dapat mengembang hingga 27 kali dibanding berat awalnya. Maka disarankan chia seed ditelan bersama makanan atau cairan lain.

Jika kamu tertarik untuk menikmati chia seed sebagai menu harian, kamu bisa mengolahnya dengan beragam cara. Mulai dari menjadikannya salah satu bahan membuat campuran puding, muffin, atau pun selai.

Kandungan beragam nutrisi yang ada di dalam chia seed memang bisa membuat seseorang jatuh hati. Meski masih memerlukan lebih banyak lagi penelitian mengenai manfaat chia seed bagi kesehatan, tidak ada salahnya memasukkan chia seed ke dalam menu harianmu. Namun ingat untuk mengolahnya dengan benar, agar khasiatnya bisa didapatkan secara maksimal. [DF]

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Daur Ulang Sampah Ternyata Berbahaya Bagi Lingkungan

Thomas Aquinus   Health & Beauty
Bagikan:          

7 Manfaat Kesehatan dari Si Mungil Daun Ciplukan

Thomas Aquinus   Health & Beauty
Bagikan:          
Bagikan: