Cegah Tanda-tanda Penuaan Dini dari Sekarang

TrubusLife
Ayu Setyowati
16 Mar 2018   13:00 WIB

Komentar
Cegah Tanda-tanda Penuaan Dini dari Sekarang

Mencegah penuaan dini leih baik daripada menutupinya (Foto: InlifeHealth)

Trubus.id -- Seiring bertambahnya usia, munculnya tanda-tanda penuaan seperti keriput di wajah pun tak bisa dihindari. Belum lagi pengaruh tekanan pekerjaan yang memicu stres dan polusi di jalan. Namun banyak wanita yang berusaha menyamarkannya atau setidaknya melakukan beberapa cara agar tak terlihat terlalu tua. Tapi mencegah lebih baik daripada mengobati, bukan?   

1. Perbanyak Minum Air Putih

Kulit akan menjadi lebih kering seiring bertambahnya usia, ini disebabkan kulit memproduksi lebih sedikit minyak dibanding sebelumnya. Oleh sebab itu, pastikan kulit tetap terhidrasi dengan memperbanyak minum air putih minimal 2 liter perhari, ini juga berguna untuk proses detoksifikasi tubuh. 

2. Cukup Tidur 

Kurang tidur selain membuat wajah tampak kusam juga bisa menimbulkan lingkaran hitam pada mata alias mata panda. Kamu boleh saja sibuk atau banyak pekerjaan, tapi ingatlah bahwa beristirahat adalah bekal kamu untuk berkegiatan dengan tubuh bugar dan konsentrasi tinggi. Mulailah atur waktu tidur minimal 6 jam sehari. 

3. Rajin Bersihkan Wajah & Tubuh 

Makeup yang tiap hari kamu pakai adalah salah satu penyumbang terbesar munculnya keriput dan masalah kulit lain di wajah. Itulah sebabnya menjaga kebersihan kulit sangat penting agar wajah dan tubuh kamu senantiasa terlihat segar. 

4. Konsumsi Antioksidan 

Kulit wajah juga membutuhkan nutrisi penting yang berasal dari makanan untuk menjaga stabilitas hormon dan kelenjar yang ada. Jadi, mengonsumsi sayur dan buah seperti wortel, brokoli, paprika, tomat, apel, keluarga berry, kacang almond dan dark chocolate dapat membantu membentuk kolagen segar di bawah kulit kamu. 

5. Hindari Rokok & Kopi 

Kandungan nikotin dan kafein yang dihasilkan dapat memicu radikal bebas sehingga berakibat buruk bagi tubuh, begitu pula pengaruhnya bagi kulit yang bisa mengurangi tekstur kelembutan dan kekencangannya. 

6. Workout! 

Bagaimanapun manfaat olahraga begitu banyak hingga tak ada lagi alasan bagi kamu untuk tak melakukannya. Keriput yang seharusnya belum timbul bisa saja cepat muncul jika kamu kurang berolahraga. Jogging di pagi hari adalah salah satu yang disarankan. Selain gerakan tubuhnya yang membuat tubuh bugar, dengan menghirup udara segar dan murni di pagi hari bisa membantu kamu menjernihkan pikiran dan terlepas dari stres. 

7. Hindari Stress 

Ya, kamu juga pasti sudah tahu jika stres adalah salah satu penyebab seseorang tampak lebih tua dari usia sebenarnya. Stres karena pekerjaan? Tetaplah berpikir positif, terus berusaha dan berserah diri, sebab semua pasti punya jalan keluar asal kamu mau berusaha. Stres karena macet, cobalah suasana baru dengan memilih jalur alternatif baru untuk perjalanan pergi dan pulang ke kantor. Be creative. [NN]


 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: