Seledri, Penyedap Masakan yang Berfungsi Sebagai Obat

TrubusLife
Trubus Life
10 Agu 2017   23:00 WIB

Komentar
Seledri, Penyedap Masakan yang Berfungsi Sebagai Obat

Selederi yang kaya manfaat (Foto: Pixabay)

Trubus.id -- Daun seledri (Apium graveolens L. Dulce) merupakan tanaman sayuran dari famili Umbelliferae yang berasal dari Mediterania sekitar Laut Tengah.

Tanaman ini punya aroma khas dan juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Selain bisa dijadikan penyedap masakan, seperti lalapan, ternyata kaya manfaat sebagai obat. Salah satunya untuk membersihkan ginjal, menyaring racun dan kotoran, garam, dan zat-zat yang berbahaya bagi kesehatan.

Seledri menyebar ke berbagai wilayah, di antaranya Cina, Asia Tengah, India, Mediterania, Ethiopia, Amerika Serikat, serta Meksiko Selatan dan Tengah. Di Indonesia, seledri masih belum menjadi komoditas utama para petani sehingga sulit untuk menentukan sentra dan tanam, luas panen, dan besarnya produksi nasional.

Seledri harus ditanam di daerah subtropis dengan ketinggian 1.000—1.200 mdpl, suhu udara 15oC—24oC, dan kelembaban berkisar antara 80—90 % agar dapat tumbuh dengan baik. Lahan juga harus mendapat sinar matahari dan hujan yang cukup. Lahan yang ideal untuk tanaman seledri adalah tanah yang gembur, subur, mengandung bahan organik, serta memiliki sirkulasi udara dan air yang baik.

Seledri memiliki akar tunggang. Akar pada tanaman seledri mampu menembus tanah hingga kedalaman 30 cm. Batang seledri berukuran kurang dari 1 meter, lunak, bentuknya persegi dan beralur. Batang seledri memiliki ruas dan tidak berambut. Tanaman seledri memiliki cabang yang banyak dan berwarna hijau.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

4 Tips Melindungi Anak dari Kejahatan Seksual

Health & Beauty   02 Juli 2020 - 17:38 WIB
Bagikan:          
Bagikan: