Fenomena Langka, Mata Air Deras Keluar dari Pohon Murbei Tua

TrubusLife
Karmin Winarta | Followers 0
28 Feb 2018   17:00

Komentar
Fenomena Langka, Mata Air Deras Keluar dari Pohon Murbei Tua

Pohon yang mengeluarkan air (Foto: Istimewa)

Trubus.id -- Fenomena alam selalu menarik untuk diamati. Berbagai peristiwa yang terjadi di sekitar membuat kita berpikir, kenapa peristiwa unik tersebut bisa terjadi?

Baru-baru ini Radio Loose Europe / Radio Liberty berbagi sebuah video di media sosial. Video tersebut memperlihatkan fenomena yang aneh. Sebuah pohon murbei tua mengeluarkan air dari batang pohonnya.

Pohon yang diperkirakan telah berusia ratusan tahun ini berada di Dinosa, bagian tenggara Montenegro. Uniknya, pohon ini tumbuh di tengah-tengah padang rumput. Pohon itu mampu mengeluarkan air yang cukup deras dari batangnya sehabis hujan. 

Air yang keluar dari pohon itu seperti tak pernah bisa habis. Amusingplanet.com mengungkapkan, ketika hujan lebat, air membanjiri mata air di bawah tanah. Dan ada kekuatan ekstra yang mampu menggerakkan air melalui celah-celah atau cekungan di batang pohon. Tampak dari jauh, pemandangan itu seperti air terjun kecil.

Menurut warga setempat, peristiwa ini telah terjadi sejak 20-25 tahun lalu bahkan lebih.  Laki-laki ini memperkirakan pohon yang mengeluarkan air itu berumur lebih dari 100 sampai 150 tahun.

Ternyata fenomena mata air yang keluar dari batang pohon tidak hanya terjadi di Montenegro. Di desa Tuhala, Estonia, ada sumur yang menyemburkan air setelah hujan deras. Sumur itu ternyata berada di atas sungai bawah tanah.

Setelah air hujan membanjiri sungai, tekanan air meningkat sampai meluap ke permukaan setinggi setengah meter. Hal ini berlangsung hingga beberapa hari.  

Seperti di Indonesia, fenomena langka ini dihubungkan dengan magis. Menurut legenda setempat saat sumur sedang meluap, di bawah sana para penyihir Tuhala berkumpul dan saling memukul sehingga menyebabkan air naik ke permukaan sumur sampai meluap. Karena itu mereka menyebutnya Witch's Well. [KW]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: