Hujan Deras Ungkap 75 Artefak Kuno di Irak

TrubusLife
Binsar Marulitua | Followers 0
26 Feb 2018   21:00

Komentar
Hujan Deras Ungkap 75 Artefak Kuno di Irak

Ilustrasi artefak. (Foto: PorosIlmu)

Trubus.id -- Sebanyak 75 artefak kuno di Borsippa Provinsi Babylonia, Irak, berhasil terungkap karena hujan yang mengikis lapisan tanah. Beberapa artefak yang ditemukan di antaranya, sejumlah keramik terracotta, koin dan juga benda-benda logam.

Menurut otoritas barang antik setempat, peninggalan bersejarah tersebut diprediksi dari Era Parthia, sekitar Abad Ke-7 Sebelum Masehi.

‘'Benda-benda tersebut kini dikaji untuk bisa ditentukan asal eranya,'' ujar Hussein Fleih dari otoritas urusan benda purbakala di Provinsi Babylonia, kepada AFP.

Baca Lainnya: Teknologi Ini Berhasil Ungkap Peninggalan Suku Maya Kuno

Penemuan benda purbakala akibat hujan terbilang tidak lazim di Irak. Namun, fenomena ini bukan yang kali pertama dan bisa dimaklumi, mengingat terdapat sejumlah bekas galian arkeologi yang sangat dalam dekat sebuah tempat suci umat Islam yang didedikasikan untuk Nabi Ibrahim.

Ketika hujan deras, air mengisi seluruh bekas galian tersebut sambil membawa benda-benda purbakala dari area di sekitarnya.

‘'Tahun lalu, 1.000 buah (benda purbakala) didapati dengan cara ini. Membuktikan bahwa semua barang antik tersebut sebenarnya cukup berada di permukaan, tidak sangat dalam di perut Bumi,'' kata Fleih. [DF]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

60 Persen Spesies Kopi Liar Terancam Punah 

Ayu Setyowati   Plant & Nature
Bagikan: