Ini Alasan Kenapa Para Pria Disarankan Rutin Donor Darah

TrubusLife
Thomas Aquinus
21 Feb 2018   17:00 WIB

Komentar
Ini Alasan Kenapa Para Pria Disarankan Rutin Donor Darah

Suasana donor darah yang diselenggarakan Bina Swadaya di Wisma Hijau, Selasa (20/2) (Foto: Trubus.id/Thomas A Krisnaldi G)

Trubus.id -- Mendonorkan darah mungkin bagi beberapa orang terdengar menyeramkan, namun sebenarnya kegiatan ini memberikan banyak manfaat loh. Dengan mendonorkan darah, maka tidak hanya memberikan kesehatan pada diri kamu, namun juga bermanfaat bagi penerima. 

Menurut penelitian, seseorang yang melakukan donor darah secara rutin dapat menurunkan risiko terkena serangan jantung (infark miokard). Hal tersebut karena saat seseorang mendonorkan darahnya, maka ia akan mengurangi simpanan zat besi. Ini beralasan karena seseorang yang punya kadar zat besi tinggi memiliki risiko terkena serangan jantung.

Namun khusus bagi kaum pria, menurut Dokter Feri yang ditemui Trubus.id saat kegiatan Donor Darah oleh Bina Swadaya di Wisma Hijau, Cimanggis, Depok Selasa (20/2), mengungkapkan, kaum pria yang tidak memiliki siklus bulanan seperti kaum perempuan sebaiknya rutin melakukan donor darah.

Baca Lainnya : 5 Manfaat Donor Darah, Salah Satunya Cegah Risiko Kanker

"Siklus membuat aliran darahnya menjadi lebih cepat, pergantian sel darahnya jadi lebih cepat, karena normalnya laki-laki tidak mempunyai siklus bulanan kaya perempuan." katanya. 

Menurutnya, tiap 4 bulan sel darah merah akan mati dan akan mengurai untuk jadi "bahan bakar" bikin sel darah baru. "Diupayakan ya pria yang ngga punya siklus bulanan melakukan donor" tambahnya.

Sebelum pendonor melakukan donor darah, maka akan dilakukan serangkaian tes kesehatan seperti cek hemoglobin dan tekanan darah. Dalam tahap inilah batas aman hb pada pria dan perempuan dibedakan. 

"Hb normal Laki - laki dan perempuan memang dibedakan, kan kalau misalkan pada pria minimal 13 kalau perempuan 12,6. Karena perbedaan itu tadi karena perempuan punya siklus bulanan jadi ditaksir agak lebih rendah" jelasnya. 

Baca Lainnya : Jenis-jenis Teh untuk Berbagai Masalah Kesehatan

Kegiatan donor darah Bina Swadaya sendiri selalu rutin diselenggarakan di Wisma Hijau dengan jeda waktu 2 bulan sekali. Kegiatan ini mampu menarik minat hingga ratusan lebih warga sekitar kantor Bina Swadaya dan Wisma Hijau. 

Berdasarkan data selama tahun 2017, Bina Swadaya mampu memperoleh total sebanyak 410 jumlah kantong darah dari hasil 5 kali kegiatan donor darah. Donor darah pertama pada tahun 2018 yang diadakan pada Selasa (20/2) sendiri memperoleh 94 jumlah kantong darah. [NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Tetap Cantik dan Awet Muda dengan Batang Nyirih

Health & Beauty   23 Sep 2020 - 09:22 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: