Mulai 2019, Singapura Terapkan Pajak Karbon

TrubusLife
Diah Fauziah | Followers 0
20 Feb 2018   16:00

Komentar
Mulai 2019, Singapura Terapkan Pajak Karbon

Ilustrasi. (Foto: Trubus.id/ Diah Fauziah)

Trubus.id -- Untuk mengurangi emisi gas rumah kaca, Singapura akan membelakukan pajak karbon mulai tahun 2019 mendatang. Kebijakan tersebut juga dilakukan agar semua perusahaan lebih kompetitif untuk mengurangi perubahan iklim. Pajak akan berlaku untuk semua fasilitas yang menghasilkan 25.000 ton atau lebih emisi gas rumah kaca per tahun.

“Kebijakan ini diambil sebagai bagian dari anggaran 2018 Singapura. Dibandingkan negara lain, Singapura akan menghasilkan lebih sedikit emisi karbon per dolar PDB (produk domestik bruto),” kata Heng Swee Keat, Menteri Keuangan Singapura.

Baca Lainnya: Prediksi Terbukti, Perubahan Iklim Tingkatkan Suhu Hingga 4 Derajat Celcius

Pajak emisi berlaku di semua sektor. Besarnya 5 dolar Singapura per ton emisi gas rumah kaca, mulai tahun 2019 hingga 2023. Setelah itu, pajak akan ditinjau ulang dan kemudian dinaikkan menjadi 10 hingga 15 dolar Singapura per ton, sebelum 2030.

“Kami bermaksud mengurangi intensitas emisi gas kaca dalam  memerangi perubahan iklim,” lanjutnya.

Singapura bersama 196 negara lain di seluruh dunia berusaha mengurangi emisi gas rumah kaca akibat dampak perubahan iklim yang berpotensi menghancurkan. Salah satu langkah nyata ialah Perjanjian Paris yang ditandatangani pada 2015 oleh 197 negara.

Baca Lainnya: Hutan Punya Cara Khusus Menghadapi Perubahan Iklim, Penasaran?

Inti dari kesepakatan tersebut ialah menyerukan pembatasan pemanasan global, menjadi di bawah dua derajat Celsius. Sekaligus melakukan upaya untuk membatasi pemanasan pada 1,5 derajat Celsius.

“Pajak karbon yang kami lakukan akan mendorong perusahaan mengambil tindakan untuk mengurangi emisi, membuatnya lebih kompetitif karena batas lebih ketat akan diberlakukan oleh lebih banyak negara ketika kesepakatan internasional mulai berlaku,” tambah Heng, Selasa (20/2). [DF]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: