7 Mitos Bunga Kantil yang Sering Dikonsumsi Roro Fitria

TrubusLife
Karmin Winarta | Followers 0
15 Feb 2018   13:45

Komentar
7 Mitos Bunga Kantil yang Sering Dikonsumsi Roro Fitria

(Foto: Istimewarorofitria.com)

Trubus.id -- Artis Roro Fitria ditangkap polisi, Rabu (14/2) di kediamannya di rumahnya, Patio Residence, Jakarta Selatan. Artis yang punya nama Kanjeng Raden Ayu Kanjeng Mas Ayu Nyai Roro Fitria ini ditangkap karena kepemilikan narkoba.

Roro yang berasal dari Jogja ini, selain sebagai entertainer, ia juga dipercaya sebagai praktisi supranatural. Ia juga seorang yang fokus pada pelestarian budaya. 

Konon ia mempunyai kebiasaan unik yakni mengkonsumsi bunga kantil yang sering diidentikan dengan hal-hal magis. Bunga Kantil atau Cempaka Putih ini mempunyai banyak nama diantaranya cempaka bodas (Sunda), campaka (Madura), jeumpa gadeng (Aceh), campaka putieh (Minangkabau), sampaka mopusi (Mongondow), bunga eja kebo (Makasar), bunga eja mapute (Bugis), capaka bobudo (Ternate), capaka bobulo (Tidore).

Bunga ini sering dipakai untuk resepsi perkawinan dan juga upacara kematian.  Mitos yang berkembang selama ini aroma bunga yang berwarna putih ini sangat disukai para kuntilanak.

 1. Sebagai istana kuntilanak

Pohon bunga kantil bisa mencapai tinggi 30 meter. Bunga yang menjadi identitas Propinsi Jawa Tengah ini bisa hidup di negara-negara Asia dan negara tropis lainnya.

2. Bunga Kantil juga sering dipakai untuk sesaji dalam ritual untuk memanggil makhluk makluk gaib 

3. Selain untuk digunakan acara pernikahan juga dipakai dalam upacara pemakaman. Tujuannya agar aura buruk orang yang meninggal pergi setelah jasad dikuburkan.  

4. Konon bunga kantil juga dipakai untuk memanggil roh dan berdialog untuk urusan tertentu. 
 
5. Bunga kantil bisa dipakai para pria sebagai sarana untuk memikat lawan jenis.

6. Bunga ini juga digunakan untuk sesajen pada setiap malam jum’at untuk mengusir roh jahat disekitar rumah.

7. Bunga kantil dipakai sebagai alat untuk mendeteksi keperawanan seseorang saat resepsi perkawinan. Konon jika bunga tersebut tak beraroma wangi, maka mempelai dianggap sudah tidak perawan. 

Trubus Mania percaya? [KW]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: