Polusi Udara Tak Hanya Merusak Kesehatan, tapi Juga Mental

TrubusLife
Karmin Winarta
08 Feb 2018   22:30 WIB

Komentar
Polusi Udara Tak Hanya Merusak Kesehatan, tapi Juga Mental

Asap Pabrik (Foto: Istimewa)

Trubusid -- Selama ini polusi udara merusak kesehatan semata.  Namun berdasarkan penelitian terbaru, polusi udara dapat menyebabkan perilaku tidak etis. 

Polusi udara, bahkan hanya imajinatif, dapat menyebabkan seseorang berperilaku tidak etis seperti kejahatan dan kecurangan.

Temuan yang dipublikasikan di jurnal Psychological Science menunjukkan bahwa perilaku ini mungkin karena efek kecemasan yang meningkat.  

"Penelitian ini mengungkapkan polusi udara mungkin memiliki efek lain yang melampaui jumlah korban kesehatan dan lingkungan," kata Jackson G Lu, ilmuwan perilaku di Columbia Business School Amerika.

"Temuan kami menunjukkan bahwa polusi udara tidak hanya merusak kesehatan masyarakat, tapi juga bisa mencemari moralitas mereka," kata Lu.

Hindustantimes menulus, penelitian sebelumnya menunjukkan, paparan terhadap polusi udara meningkatkan rasa cemas pada individu, yang  berkorelasi dengan berbagai perilaku tidak etis. 

Dalam sebuah penelitian, para peneliti memeriksa data polusi udara dan kejahatan di 9.360 kota di AS yang dikumpulkan selama periode sembilan tahun.

Para peneliti menemukan, kota dengan tingkat polusi udara yang lebih tinggi juga cenderung memiliki tingkat kejahatan yang lebih tinggi. [KW]
 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: