Perairan Indonesia, Rumah Terbesar Ikan Hiu di Dunia

TrubusLife
Binsar Marulitua
25 Jan 2018   17:30 WIB

Komentar
Perairan Indonesia, Rumah Terbesar Ikan Hiu di Dunia

Ada 118 spesies ikan hiu yang tersebar di perairan Indonesia. (Foto: Pixabay/ JimmyDominico)

Trubus.id -- Perairan Indonesia merupakan rumah terbesar ikan hiu di dunia. Ada 118 spesies ikan hiu yang tersebar di perairan Indonesia, di mana 58 spesies tidak memiliki data lengkap.

Sejak 2012 lalu, World Wildlife Fund (WWF) telah memulai kampanye tentang SOS Shark. Tidak sekadar membuat kampanye penyuluhan kepada nelayan tentang populasi ikan hiu yang terus menyusut, tapi juga perilaku masyarakat secara global.

Baca Lainnya: Jakarta, Kota Nomor Satu yang Mengonsumsi Ikan Hiu

"Kami tidak hanya berhadapan dengan nelayan,  tapi juga menyentuh para konsumen.  Hal ini agar demand dari konsumsi ikan hiu sendiri tidak besar," kata Dwi Yoga Gautama, Bycacth and Shark Conservation Coordinator World Wild Fund (WWF) Indonesia.

Dikatakan Yoga, hingga saat ini, WWF terus memantau populasi ikan hiu, terutama di perairan Indonesia bagian timur. Hingga saat ini, hanya 9 spesies ikan hiu yang baru bisa dikelola perlindungannya.

"Setidaknya, kami telah memberikan perlindungan  dengan membuat daerah konservasi anakan ikan hiu di Manggarai Barat, Flores Timur dan Wakatobi," ungkapnya. [DF]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: