Dalam Sekejap, Warga New York Tewas Tertular Virus Kutu Langka

TrubusLife
| Followers 0
02 Agu 2017   22:20

Komentar
Dalam Sekejap, Warga New York Tewas Tertular Virus Kutu Langka

Ilustrasi kutu (Pixabay/JerzyGorecki)

Trubus.id -- Dalam hitungan menit, seorang warga New York meninggal dunia setelah tertular virus Powassan yang dibawa oleh kutu yang sangat langka. Melansir dari WNYT, kejadian tersebut menimpa Charles Smith, pria berusia 74 tahun pada tanggal 6 Juni lalu.

Bryon Backenson selaku wakil direktur Departemen Kesehatan di New York mengatakan bahwa virus Powassan merupakan penyakit serius. Sejak tahun 2000, jumlah korban yang terinfeksi berjumlah 24 orang. Hingga sekarang, belum ada obat yang dapat menyembuhkan virus yang menyerang bagian sistem saraf pusat.

Gejala virus Powassan meliputi sakit kepala, demam, muntah, kebingungan, hilang koordinasi, kesulitan bicara, ataupun kejang-kejang. Penyakit ini dapat teridentifikasi melalui cek darah setelah tubuh sudah terjangkit virus selama 4 minggu. Maka dari itu, sebaiknya pasien harus menceritakan detail pada dokter kejadian yang dialami saat gejalanya sudah mulai terasa.

Ketika kutu tersebut menggigit, virus Powassan akan menginfeksi tubuh hanya dalam hitungan 10 hingga 15 menit. Dari 30.000 sampai 50.000 gigitan kutu di New York selama setahun, hanya ada 1 hingga 3 orang yang terjangkit virus Powassan. Itulah kenapa penyakit ini sangat langka dan jarang terjadi. [WO/DF]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: