Penguin Mati Ini Terperangkap dalam Jaring Ikan, Kok Bisa?

TrubusLife
Trubus Life
18 Jan 2018   07:00 WIB

Komentar
Penguin Mati Ini Terperangkap dalam Jaring Ikan, Kok Bisa?

Penguin mati terperangkap dalam jaring ikan. (Foto: Istimewa)

Trubus.id -- Penguin mati ini terperangkap dalam jaring penangkapan ikan di Selandia Baru. Hal ini cukup mengkhawatirkan, karena berpotensi merusak perikanan dan citra Selandia Baru di mata dunia.

Kementerian Industri Primer menerima surat dari lima pemimpin industri makanan laut yang berisi tentang kegelisahan sektor perikanan yang semakin meningkat. Mereka mengusulkan pemerintah agar memasang kamera CCTV untuk memantau kapal penangkap ikan komersial serta penangkapan ikan ilegal.

Surat tersebut meminta pemerintah agar hasil rekaman video tidak dapat lepas dengan mudah ke masyarakat umum, terutama media, kelompok kampanye, dan partai oposisi.

Hingga kini tidak diketahui jumlah penguin, singa laut, lumba-lumba, dan anjing laut yang mati di jaring ikan atau garis panjang Selandia Baru. Namun, beberapa peneliti dan kelompok lingkungan menganggap industri perikanan komersial jadi penyebab utama penurunan populasi hewan terancam punah seperti singa laut dan penguin.

Baca Lainnya: Bikin Geger, Fosil Penguin Sebesar Manusia Dewasa Ditemukan

Kepala Eksekutif Forest & Bird, Kevin Hague, menyatakan seperti dikutip dari The Guardian, “Ini adalah gambar dari industri perikanan yang tidak pernah ingin kalian lihat. Masuknya penguin dalam jaring perangkap ikan ini sangat tidak manusiawi. Akan tetapi, menyembunyikan rekaman video juga bukan langkah bagus, karena dapat merusak kredibilitas hukum.”

Kapal penangkap ikan air laut di Selandia Baru menyumbang 80 persen tangkapan tahunan di sana. Hasil tangkapan mampu menghasilkan NZ$ 650 juta atau sekitar Rp6,2 triliun per tahun. Stuart Anderson selaku direktur pengelolaan perikanan menyatakan, tidak ada keputusan mengenai industri makanan laut yang mengusulkan perubahan praktik penangkapan ikan dari pemerintah. [NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bawang Merah dan Daun Bawang Manakah yang Lebih Sehat

Health & Beauty   29 Jan 2021 - 09:39 WIB
Bagikan:          

Dosen IPB University Berbagi Tips Merawat Ikan Hias

Pet & Animal   12 Jan 2021 - 10:50 WIB
Bagikan:          
Bagikan: