Ratusan Limbah Sedotan Plastik Berhasil Diangkut dari Pantai Sydney

TrubusLife
Thomas Aquinus | Followers 0
17 Jan 2018   17:00

Komentar
Ratusan Limbah Sedotan Plastik Berhasil Diangkut dari Pantai Sydney

Sampah sedotan plastik (Foto: Istimewa)

Trubus.id -- Proyek pembersihan air di Pantai Manly Cove, Sydney, dilakukan secara sukarela oleh kelompok lingkungan lokal ‘Sustainable Organisation’s of Manly (SO Manly) dan berhasil membersihkan ratusan sedotan minuman dari dalam laut.  

Instruktur selam, Harriet Spark adalah penyelenggara dari proyek ini terinspirasi untuk memulai pembersihan ini setelah salah satu rekannya menemukan lebih dari 600 sedotan selama melakukan dua kali snorkelling singkat di Pantai Manly Cove. 

"Pada salah satu penyelaman kami, kami benar-benar menemukan seekor gurita yang memiliki empat sedotan dalam tentakelnya," katanya kepada Josh Szeps seperti dilansir ABC Radio Sydney.

Harriet Spark terkejut dengan jumlah sedotan di teluk itu dan memulai "Operasi sedotan plastik " untuk memerangi polusi dari benda yang satu ini.

"Ketika sampai pada barang-barang seperti sedotan plastik, barang-barang semacam ini yang kita gunakan hanya beberapa detik dan paling lama beberapa menit, mereka bertahan di planet ini selama ratusan dan ratusan tahun. Mereka adalah sedikit dari barang-barang yang tidak diperlukan yang dapat kita hentikan [penggunaannya]." jelasnya.

Harriet Spark mengundang sukarelawan untuk mengumpulkan sedotan-sedotan itu dan merekam warnanya yang memberikan petunjuk dari mana sampah itu berasal.

"Salah satu pelanggar terbesar adalah salah satu restoran cepat saji, kami menemukan banyak sekali sedotan mereka," katanya.

"Data itu adalah bagian yang paling penting karena jika kita terus membersihkan pantai dan tidak mencatat apa yang kita temukan, sulit untuk mendorong perubahan. Tapi jika kita mencatat apa yang kita temukan, kita bisa membuat perbedaan besar." ucapnya.

Para relawan yang tergabung dalam proyek ini berhasil mengumpulkan lebih dari 1.200 sedotan dari teluk Manly Cove setelah melakukan tujuh kali acara pembersihan.

Menurut Harriet, mayoritas sedotan yang berhasil terkumpul berasal dari tempat yang tidak jauh, tapi bisa juga tersapu dari daerah Sydney Harbour yang lebih besar. Data yang dikumpulkan dari proyek ini akan digunakan untuk mendorong pebisnis lokal mengubah cara mereka membuang sedotan atau menghilangkan penggunaannya sama sekali.

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: