Digigit Kutu Busuk, Begini Cara Mengatasinya

TrubusLife
Diah Fauziah
14 Jan 2018   20:00 WIB

Komentar
Digigit Kutu Busuk, Begini Cara Mengatasinya

Gigitan kutu busuk bisa menyebabkan infeksi infeksi jika orang yang digigit, menggaruk berlebihan hingga menjadi luka. (Foto: Istimewa)

Trubus.id -- Kutu busuk atau bangsat sering ditemukan di lipatan kasur, perabot, lantai kayu, dan tempat lainnya. Umumnya, serangga ini keluar di malam hari untuk mencari makanan berupa darah dari korbannya.

Manusia yang digigit kutu busuk tidak akan menyadarinya, hingga melihat ada bentolan di kulit yang terasa gatal dan panas. Sebenarnya, gigitan kutu busuk tidak menyakitkan. Itu karena, air liur serangga tersebut mengandung zat anestesi.

Hanya saja, antikoagulan atau kandungan pengencer darah yang ada di air liur kutu busuk, sebagian orang mengembangkan reaksi alergi pada kulitnya. Beberapa saat setelah digigit kutu busuk, kulit menjadi gatal. Timbul bentol yang memerah, bahkan lecet.

Baca Lainnya: Naik Pesawat Kelas Bisnis, Penumpang Ini Digigit Kutu Busuk

“Biasanya, kutu busuk menggigit bagian wajah, leher, lengan, dan kaki,” kata dr. Chan Chew Yuin, dermatologi di Gleneagles Medical Centre.

Menurut Chan, gigitan kutu busuk bisa menyebabkan infeksi infeksi jika orang yang digigit, menggaruk berlebihan hingga menjadi luka. Meski luka bisa sembuh, dapat menimbulkan tanda hitam di bekas bentolan itu dikarenakan jaringan kulit atau terjadi peningkatan pigmentasi kulit.

Nah, jika Trubus Mania merasakan gatal yang cenderung panas akibat gigitan kutu busuk, langsung diobati ya! Oh iya, jangan menggaruk gatal tersebut karena bisa menimbulkan bekas loh. [DF]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: