Kenalkan, Iriana Widodoae, Burung Endemik yang Cantik dari Rote

TrubusLife
Karmin Winarta
11 Jan 2018   13:00 WIB

Komentar
Kenalkan, Iriana Widodoae, Burung Endemik yang Cantik dari Rote

Burung Iriana Widodoae (Foto: Istimewa)

Trubus.id -- Sampai hari ini masih banyak jenis burung di wilayah Wallacea yang belum ditemukan. Salah satu temuan terbaru adalah jenis burung Myzomela spp.

Menurut Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI Enny Sudarmonowati, penemuan burung jenis baru ini melalui proses yang cukup lama. Temuan ini dimulai dari pernyataan Forbes pada 1879 yang menyatakan masih terdapat banyak burung yang belum ditemukan.

Burung jenis baru endemik ini ditemukan di Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur. Penemuan ini telah dipublikasikan dalam jurnal ilmiah Treubia Volume 44, edisi Desember 2017, halaman 77-100. Burung cantik ini resmi dinamai Myzomela irianawidodoae sesuai nama Ibu Negara. 

Menurut Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI Enny Sudarmonowati, nama ilmiah ini telah disetujui oleh Presiden Widodo melalui Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan Menteri Sekretaris Negara tanggal 17 Desember 2017. 

Pemberian nama ilmiah jenis burung endemik dengan nama Ibu Negara ini merupakan yang pertama kali dilakukan di Indonesia.

Selain ditemukan di Pulau Rote, NTT, burung ini juga ditemukan di beberapa wilayah paling selatan Indonesia. 

Burung Myzomela irianawidodoae berukuran kecil dengan panjang tubuh 11,8 cm dan bobotnya 32,23 gram dan panjang paruh 1,79 cm, bentangan sayap 17,2 cm dan panjang sayap 5,8 cm, panjang ekor 3,7 cm dan tinggi kaki 1,67 cm.

Paruh berwarna hitam, warna mata cokelat gelap, warna kaki dan jari hitam dengan bantalan kuku warna kuning.

Burung ini merupakan pemakan nektar, yaitu cairan manis yang terdapat pada bunga. Mereka juga menyukai beberapa jenis serangga kecil, termasuk laba-laba.

Burung ini menghuni habitat di hutan, semak-semak, kebun dan pohon yang berbunga, terkadang bisa dijumpai memakan nektar pada bunga pohon jati di sekitar perkampungan. Suara kicauannya merdu saat sedang terbang. [KW]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: