Kue Mochi Lezat tapi Mematikan, Kok Bisa?

TrubusLife
| Followers 0
09 Jan 2018   17:15

Komentar
Kue Mochi Lezat tapi Mematikan, Kok Bisa?

Kue mochi lezat tapi mematikan? (Foto: Pixabay/ skeeze)

Trubus.id -- Dua orang meninggal dunia dan beberapa lainnya mengalami kondisi kritis usai makan kue mochi. Kok bisa, ya?

Kue tradisional Jepang ini sudah lama jadi favorit. Rasanya enak, dan sama sekali tidak terlihat menimbulkan bahaya. Akan tetapi, setiap tahun, kue mochi "meminta" beberapa nyawa yang menjadi perhatian para pemangku kepentingan di Jepang.

Kue mochi bentuknya bagaikan roti bundar imut. Terbuat dari nasi lembut dan kenyal. Cara pembuatannya dengan mengukus beras, kemudian ditumbuk, dan dihaluskan. Setelah menjadi ketan, kue mochi dibentuk dan dipanggang atau direbus.

Biasanya, masyarakat Jepang secara tradisional memakan kue mochi setiap tahun baru. Para turis juga banyak yang membawa pulang kue mochi dari Jepang sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Lantas, bagaimana bisa kue mochi membunuh?

Kue mochi sangat kenyal dan lengket, kue mochi perlu dikunyah dengan susah payah sebelum 100 persen tertelan ke tenggorokan. Siapapun yang tidak bisa mengunyah dengan baik, entah itu anak-anak atau orang tua, tentunya akan kesulitan memakan kue mochi.

Kue mochi yang ditelan tanpa dikunyah terlebih dahulu dapat terjebak di dinding kerongkongan karena lengket. Hal inilah yang menyebabkan orang tersedak dan meninggal perlahan karena lemas.

Menurut lansiran dari BBC, 90 persen dari mereka yang tersedak kue mochi dan dilarikan ke rumah sakit adalah orang tua usia lanjut 65 tahun ke atas.

Cara terbaik untuk memakan kue mochi dengan mengunyahnya dengan baik, tidak langsung menelannya bulat-bulat. Setiap tahun, pemangku kepentingan di Jepang selalu mengeluarkan peringatan publik menjelang tahun baru agar masyarakat lebih berhati-hati saat mengonsumsi kue mochi.

Meskipun ada peringatan rutin, tetap saja selalu ada korban tewas setiap tahunnya akibat makan kue mochi. Saat pergantian tahun 2014 ke 2015, korban tewas akibat kue mochi mencapai puncaknya yaitu sembilan orang. Sedangkan pergantian tahun 2016 ke 2017 yaitu dua orang. [DF]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Begini Cara Memanfaatkan Kopi untuk Kecantikan Wajah

Thomas Aquinus   Health & Beauty
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: