Ini Alasan Warga Peru Tolak Pembangunan Jalan di Hutan Amazon

TrubusLife
| Followers 0
09 Jan 2018   12:45

Komentar
Ini Alasan Warga Peru Tolak Pembangunan Jalan di Hutan Amazon

Hutan Amazon. (Foto: Pixabay/ rrubra)

Trubus.id --Warga Peru mengecam keras pembangunan jalan raya di Hutan Amazon yang telah ditetapkan dalam undang-undang. Alasannya karena mengancam kelangsungan hidup di kawasan lindung, terdiri empat taman nasional dan lima cadangan kehidupan masyarakat adat.

Pihak federasi lokal, regional, dan nasional bersama LSM telah menentang serta menyatakan keprihatinannya mengenai undang-undang yang diusulkan tersebut. Pembangunan jalan raya Amazon jelas jadi ancaman serius bagi hutan, keanekaragaman hayati, serta masyarakat adat yang hidup di sana.

Peraturan ini jelas bertentangan dengan hukum Peru dan internasional, serta komitmen perubahan iklim internasional Peru.

Undang-undang pembangunan jalan di Amazon telah diusulkan sejak April 2017, dengan tujuan memelihara jalur di zona perbatasan sebagai prioritas dan kepentingan nasional.

Selain itu, pembangunan jalan bertujuan untuk mempermudah orang-orang di daerah terpencil mengangkut produk pertanian mereka ke pasar, sehingga mendorong peningkatan perdagangan dan pembangunan ekonomi.

“Pembangunan jalan raya akan membawa kematian pada masyarakat adat yang hidup terisolasi di hutan Amazon. Ini termasuk bahaya yang parah. Kontak dengan masyarakat umum akan membuat masyarakat adat terkena penyakit yang tidak dapat diatasi oleh sistem kekebalan mereka,” kata Julio Cusurichi Palacios, presiden federasi adat di Peru, dilansir dari The Guardian.

Ada banyak bukti jika pembangunan jalan raya di hutan hanya menguntungkan pihak-pihak tertentu, seperti perdagangan kayu dan pertambangan. Pembangunan jalan raya Amazon tidak akan memberi keuntungan positif bagi kondisi lingkungan. [DF]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: