Benarkah Kenikir Efektif Bunuh Sel Kanker Payudara? 

TrubusLife
Karmin Winarta
07 Jan 2018   22:00 WIB

Komentar
Benarkah Kenikir Efektif Bunuh Sel Kanker Payudara? 

Kenikir (Foto: Istimewa)

Trubus.id -- Kenikir, tanaman ini tergolong sayuran. Biasanya orang-orang di pedesaan memanfaatkan daun kenikir dipakai untuk lalap, seperti kemangi, selada atau daun poh-pohan.

Bagi generasi milenial, kemungkinan tanaman ini kurang dikenal, karena jarang ada yang menanam secara khusus.

Bagi kebanyak orang, mengkonsumsi kenikir karena rasanya yang khas dan unik. Namun ternyata “tanaman kampung” ini mempunya khasiat yang luar biasa. 

Dua peneliti bioengineering di University of Washington telah menemukan potensi tanaman ini untuk membunuh sel kanker payudara. Orang China, telah memanfaatkan daun ini sebagai pengobatan sejak ribuan tahun lalu.  

Profesor Henry Lai dan asisten peneliti Profesor Narendra Singh telah mengeksploitasi sifat kimia turunan wormwood yang ada pada kenikir untuk membidik sel kanker payudara. 

Temuan ini pernah dipublikasikan dalam jurnal Life Sciences pada tahun 2001. Dalam jurnal tersebut, peneliti menjelaskan bagaimana zat yang terdapat dalam kenikir mampu membunuh hampir semua sel kanker payudara manusia hanya dalam waktu 16 jam.

Para peneliti menetapkan kumpulan sel kanker payudara dan sel payudara normal pada dosis holotransferin (yang mengikat reseptor transferin untuk mengangkut besi ke dalam sel), dihydroartemisinin (bentuk artemisinin yang lebih larut dalam air) dan kombinasi senyawa keduanya. 

Sel yang terpapar pada salah satu senyawa tidak menunjukkan efek yang berarti. Sel payudara normal, terpapar pada kedua senyawa, menunjukkan efek minimal. Namun respon sel kanker saat terkena holotransferin pertama, lalu dihydroartemisinin, sangat dramatis.

Washington.edu menulis, setelah delapan jam, hanya 25 persen sel kanker yang tersisa. Pada saat 16 jam berlalu, hampir semua sel mati. [KW]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: