Ibu Hamil Hati-hati, Parasetamol Berisiko pada Kesuburan Janin

TrubusLife
Trubus Life
06 Jan 2018   15:15 WIB

Komentar
Ibu Hamil Hati-hati, Parasetamol Berisiko pada Kesuburan Janin

Parasetamol berbahaya bagi ibu hamil. (Foto: Pixabay/ PublicDomainPictures)

Trubus.id -- Ibu hamil yang mengonsumsi parasetamol selama kehamilan sebaiknya hati-hati, karena kesuburan janin bisa terganggu.

Parasetamol yang terkenal sebagai obat penghilang rasa sakit dapat mengganggu perkembangan organ reproduksi perempuan, artinya berisiko menghasilkan lebih sedikit telur. Beberapa penelitian menunjukkan, hal itu merugikan reproduksi di dalam rahim.

Peneliti melakukan review pada tikus dalam tiga eksperimen terpisah. Dr. David Kristensen dari Copenhagen University Hospital menyatakan, temuan ini perlu jadi perhatian utama, apalagi di negara-negara yang sering menunda kehamilan seperti di Inggris dan wilayah barat lainnya.

Panduan resmi menyatakan, parasetamol dapat diminum hanya jika diperlukan saat kehamilan, itu pun harus mendapat persetujuan dari dokter kandungan.

Dr. David mengatakan seperti dilansir dari The Independent, “Meskipun tidak termasuk gangguan yang parah dalam kesuburan, hal ini tetap harus jadi perhatian karena secara independen parasetamol dapat mengganggu perkembangan janin perempuan. Peneliti perlu mengetahui bagaimana parasetamol mempengaruhi kesuburan ibu hamil.”

Parasetamol termasuk obat penghilang rasa sakit yang paling banyak digunakan dan dikonsumsi oleh ibu hamil di seluruh dunia, terutama untuk menghilangkan sakit kepala serta menurunkan suhu saat demam. Para ibu hamil menganggap parasetamol menjadi obat penghilang rasa sakit paling ampuh dan aman baginya.

Telah diketahui bahwa paparan bahan kimia selama kehamilan dapat menyebabkan efek perkembangan janin yang mungkin tidak langsung terjadi dalam beberapa saat. Percobaan pada tikus menunjukkan, bayi betina yang lahir dari induk seusai mengonsumsi parasetamol memiliki jumlah telur terbatas untuk reproduksi di masa depan. Ibu hamil Trubus Mania harus hati-hati ya sebelum mengonsumsi parasetamol.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Perubahan Iklim Berdampak Buruk Bagi Kesehatan Anak Seluruh Dunia

Health & Beauty   19 Nov 2019 - 07:12 WIB
Bagikan:          
Bagikan: