Perubahan Genetik Bikin Nyamuk Kebal dan Sulit Dibasmi

TrubusLife
Trubus Life
03 Jan 2018   15:00 WIB

Komentar
Perubahan Genetik Bikin Nyamuk Kebal dan Sulit Dibasmi

Nyamuk kebal dan sulit dibasmi karena perubahan genetik. (Foto: Pixabay/ 41330)

Trubus.id -- Selama beberapa dekade, nyamuk selalu bikin pusing karena menyebabkan beragam penyakit. Mulai dari demam berdarah hingga malaria dan virus Zika. Ternyata perubahan genetik yang nyamuk jadi kebal dan sulit dibasmi.

Kita sudah berupaya membasmi nyamuk dengan beragam jenis pestisida. Sayangnya, nyamuk telah melawan. Bahkan, mengembangkan perisai genetik untuk melindungi diri mereka sendiri dan keturunannya dari serangan pestisida di masa depan.

Rangkaian perubahan genetik yang membuat nyamuk jadi kebal dan sulit dibasmi ditinjau ulang oleh peneliti dalam sebuah artikel di Trends in Parasitology, ditulis oleh Colince Kamdem, lulusan postdoctoral Departemen Entimologi di University of California, Amerika Serikat.

Peneliti menyoroti interaksi antara intervensi manusia, evolusi nyamuk, dan penyakit yang dihasilkan. Mereka berupaya mengembangkan strategi baru agar nyamuk tak resisten terhadap pestisida.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pada tahun 2015 lalu ada sekitar 212 juta kasus penyakit malaria yang menyebabkan 429.000 kematian. Tindakan pencegahan dan pengendalian kematian manusia akibat penyakit malaria telah menurun 25 persen dari tahun 2010.

Akan tetapi, nyamuk yang resisten terhadap pestisida jumlahnya semakin meningkat. Peneliti menggaris bawahi kebutuhan akan strategi baru untuk menghindari peningkatan lebih lanjut.

“Salah satu hambatan utama pemberantasan penyakit malaria ialah keragaman dan fleksibilitas adaptif nyamuk yang sangat besar. Maka dari itu, butuh pemahaman lebih baik mengenai faktor genetik, perilaku, dan ekologi yang mendasari kemampuan nyamuk untuk berevolusi. Pemahaman inilah yang menjadi kunci untuk mengendalikan penyakit malaria,” jelas Colince. [DF]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Kiprah 3 Srikandi Berkarya Bagi Negeri di Masa Pandemi

Selebrity   07 Agu 2020 - 14:48 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: