Gawat, Arang Bekas Kebakaran Hutan Percepat Emisi Karbon Dioksida

TrubusLife
Trubus Life
29 Des 2017   14:30 WIB

Komentar
Gawat, Arang Bekas Kebakaran Hutan Percepat Emisi Karbon Dioksida

Kebakaran hutan percepat emisi karbon dioksida. (Foto: Pixabay/ Ylvers)

Trubus.id -- Arang yang membekas setelah kebakaran hutan ternyata berpotensi mempercepat emisi karbon dioksida di hutan. Mengapa?

Hutan boreal merupakan penyerap karbon yang sangat besar. Mulai dari akar halus, daun, batang, dan cabang pohon semuanya berkontribusi terhadap akumulasi karbon. Wilayah timur yang jauh dari Rusia telah mengalami peningkatan jumlah kebakaran hutan dan hal ini sangat berpengaruh terhadap emisi karbon dioksida.

Peningkatan kebakaran hutan ini diyakini jadi pemicu perubahan iklim dan pemanasan global akibat arang sisa kebakaran hutan yang membantu proses pembusukan akar halus di tanah. Proses pembusukan inilah yang mempercepat emisi karbon dioksida.

Kebakaran hutan secara alami menyebabkan emisi karbon dioksida. Namun, tidak banyak yang mengetahui bahwa sisa arang dari kebakaran hutan juga mempengaruhi ekosistem, seperti dekomposisi bahan organik tanah.

Semyon Bryanin selaku peneliti senior dari Russian Academy dan Profesor Makoto Kobayashi dari Hokkaido University melakukan eksperimen lapangan selama 515 hari untuk menginkubasi akar halus dengan berbagai konsentrasi arang yang ada di dalam tanah.

Beberapa perlakuan yang dilakukan yaitu kontrol, konsentrasi arang rata-rata di lapang, dua kali konsentrasi arang di lapang, konsentrasi arang maksimal di lapang.

Berdasarkan hasil eksperimen, arang tidak begitu mempengaruhi dekomposisi akar halus di tanah. Akan tetapi, hilangnya massa akar pada sampel yang diinkubasi lebih besar seiring meningkatnya konsentrasi arang.

Profesor Makoto menyatakan, “Kehilangan massa akar pada konsentrasi arang ganda dan maksimal yaitu 40 persen dan 42 persen. Sedangkan kontrol dan konsentrasi rata-rata hanya 30 dan 27 persen.”

“Studi kami membuktikan bahwa arang yang berasal dari kebakaran hutan mempercepat emisi karbon dioksida ke udara akibat pembusukan akar yang juga berlangsung lebih cepat,” tambahnya.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Ilmuan Ungkap Resep Rahasia Alam Dalam Pembentukan Daun Tanaman

Plant & Nature   22 Nov 2019 - 15:13 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: