Hati-hati, Suplemen Vitamin D dan Kalsium Belum Tentu Memperkuat Tulang

TrubusLife
Trubus Life
27 Des 2017   14:30 WIB

Komentar
Hati-hati, Suplemen Vitamin D dan Kalsium Belum Tentu Memperkuat Tulang

Suplemen vitamin D dan kalsium. (Foto: Pixabay/ stevepb)

Trubus.id -- Orang dewasa yang suka mengonsumsi suplemen vitamin D dan kalsium, belum tentu memiliki tulang yang kuat. Kebiasaan tersebut tidak juga bisa mengurangi risiko patah tulang mereka.

Peneliti memeriksa data dari 33 percobaan dengan total lebih dari 51.000 peserta usia 50 ke atas yang hidup normal, bukan yang tinggal di panti jompo. Mereka tidak menemukan adanya perbedaan risiko patah tulang di antara peserta yang mengonsumsi suplemen vitamin D dan kalsium dengan peserta yang tidak mengonsumsi suplemen.

Dr. Jia-Guo Zhao selaku peneliti dari departemen bedah ortopedi di Rumah Sakit Tianjin di China menyatakan, “Sudah waktunya masyarakat dewasa berhenti mengonsumsi suplemen vitamin D dan kalsium.”

Vitamin D dan kalsium memang membantu tubuh menggunakan kalsium guna mendukung kesehatan tulang. Pernyataan itu membuat orang dewasa disarankan mengonsumsi satu atau dua pil suplemen ini. 

“Panduannya harus diubah. Memperbaiki gaya hidup dengan olahraga cukup, mendapatkan sinar matahari cukup, serta menyesuaikan makanan sehat jauh lebih penting dibanding mengonsumsi suplemen vitamin D dan kalsium,” jelas Dr. Jia-Guo.

Setiap orang dianjurkan mendapatkan asupan vitamin D sebanyak 600 IU atau 800 IU, jika usianya sudah mencapai 70 tahun. Beberapa orang bisa mendapat asupan vitamin D cukup hanya dengan menghabiskan waktu di luar terkena sinar matahari. 

Selain itu, memperkuat tulang juga dapat dilakukan dengan mempertahankan berat badan ideal atau melakukan olahraga untuk meningkatkan keseimbangan dan koordinasi.

Jika seseorang mengonsumsi suplemen vitamin D dan kalsium, mereka akan mendapat asupan lebih dari 1.000 IU. Hal itu bukannya memperkuat tulang, tapi akan berisiko terkena efek samping serius. Beberapa penelitian telah menghubungkan dosis tinggi vitamin D dengan peningkatan risiko patah tulang dan kematian dini. [DF]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Wabah Belalang yang Menyerang Afrika Sekarang Terjadi di Tiongkok

Plant & Nature   24 Feb 2020 - 11:20 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          

Makanan Wajib Saat Menderita Flu

Health & Beauty   22 Feb 2020 - 23:15 WIB
Bagikan: