Terungkap, Penyebab Tekanan Darah Kita Tidak Stabil

TrubusLife
| Followers 0
24 Des 2017   16:00

Komentar
Terungkap, Penyebab Tekanan Darah Kita Tidak Stabil

Apa sih penyebab tinggi rendahnya tekanan darah? (Foto: Pixabay/ geraldoswald62)

Trubus.id -- Tekanan darah tinggi dan rendah sangat berpengaruh terhadap munculnya masalah kesehatan seperti penyakit jantung, stroke, ginjal, dan demensia vaskular. Sebenarnya apa sih penyebab tinggi rendahnya tekanan darah?

Di Inggris, satu dari tiga orang memiliki tekanan darah tinggi, dan setengah dari mereka tidak terdiagnosis atau mendapat perawatan. Tekanan darah tinggi di sana juga jadi faktor risiko terbesar ketiga sebagai penyebab penyakit dan kecacatan.

Berdasarkan lansiran dari The Independent, tekanan darah diukur dengan dua angka, yaitu tekanan sistolik (angka yang lebih tinggi) yang mengukur kekuatan jantung memompa darah ke seluruh tubuh. Kemudian tekanan diastolik (angka yang lebih rendah) yang mengukur resistensi terhadap aliran darah di pembuluh darah.

Menurut National Health Services (NHS), “Tekanan darah dianggap turun jika berada di antara 90/60 mmHg dan 120/88 mmHg.”

Secara konstan, penelitian selalu mengaitkan tekanan darah dengan pilihan gaya hidup seperti merokok, penggunaan internet berlebih, atau pola makan. Beberapa hal yang jelas mempengaruhi tekanan darah seseorang yaitu obesitas, kelebihan garam, kurang buah dan sayur, kurang olahraga, terlalu banyak alkohol atau minuman kafein, merokok, dan kurang tidur.

Kamu yang suka tiba-tiba pusing, pingsan, lemas, penglihatan kabur saat berdiri atau berubah posisi harus hati-hati akan tekanan darah rendah. Tekanan darah tinggi dan rendah juga sangat rentan dialami oleh ibu hamil.

Maka dari itu, jika Trubus Mania sudah berusia 40 tahun ke atas sebaiknya periksalah tekanan darah secara rutin minimal lima tahun sekali. Jangan pernah ragu dan takut untuk periksa tekanan darah demi kesehatan!

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          

Diet Detoks Hanya dengan Minum Jus Buah, Amankah?

Hernawan Nugroho   Health & Beauty
Bagikan:          
Bagikan: