Ramah Lingkungan, 7 Tanaman Pestisida Ini Ampuh Usir Hama

TrubusLife
Karmin Winarta
20 Des 2017   07:00 WIB

Komentar
Ramah Lingkungan, 7 Tanaman Pestisida Ini Ampuh Usir Hama

Penggunaan pestisida (Foto: Istimewa)

Trubus.id -- Banyak bahan alam di sekitar kita yang dapat dimanfaatkan sebagai  pestisida nabati. Tiap bahan mempunyai kandungan senyawa tersendiri dan dapat digunakan untuk mengendalikan hama atau penyakit jenis tertentu pula.

Bahan yang biasa dilihat dan dikonsumsi ternyata juga bisa digunakan sebagai bahan pestisida nabati. Penggunaan pestisida nabati ini diyakini mampu menjadi solusi efesiensi biaya budidaya pertanian. Karena pestisida nabati terbukti ramah lingkungan dan bersifat ekonomis.

Berikut beberapa tanaman yang bisa dijadikan pestisida pengusir hama

1. Pohon Pinus

Bagian batang pada pohon pinus dapat dimanfaatkan sebagai insektisida yang berfungsi untuk menghambat penetasan wereng batang coklat.

2. Buah picung

Pada pohon picung juga dapat digunakan sebagai insektisida untuk mengendalikan walang sangit. Selain itu, picung juga berfungsi untuk mencegah penyakit keresek pada padi.

3. Sirsak dan tembakau

Bagian daun sirsak dan mengandung senyawa aktif annonain dan nikotin yang efektif untuk mengendalikan walang sangit. Daun tembakau juga berfungsi untuk mengendalikan ulat penggulung daun dan wereng batang coklat.

4. Nimba

Daun dan biji pada tanaman nimba dapat digunakan sebagai pencegah ulat, kutu, kumbang, dan hama penggerek. Daun dan biji pada nimba mengandung azadirachtin, meliantriol, dan salanin. Nimba juga berguna untuk menyerang cendawan dan bakteri.

 

5. Umbi Gadung

Untuk mencegah adanya tikus dapat dilakukan penggunaan pestisida nabati yang berasal dari umbi gadung, daun kacang babi, dan buah jengkol.

6. Biji lada dan daun tembakau

Kedua bahan ini bisa berfungsi untuk mencegah adanya nematoda.

7. Biji pinang

Keong mas dapat dicegah dengan penggunaan moluskisida yang terbuat dari biji pinang. Daun dan bunga selasih berfungsi untuk mencegah adanya lalat buah. [KW]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Jangan Sepele, Begini Caranya Agar Kita Tidak Kekurangan Vitamin C

Health & Beauty   14 Des 2019 - 23:51 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: