7 Rahasia Awet Muda di Usia Senja, Patut Di Coba

TrubusLife
| Followers 0
19 Des 2017   22:00

Komentar
7 Rahasia Awet Muda di Usia Senja, Patut Di Coba

Rahasia awet muda di usia senja. (Foto: Pixabay/ jeltevanoostrum)

Trubus.id -- Sebagian orang sakit-sakitan di usia senja, sedangkan sebagian lainnya ada yang tetap awet muda walaupun di usia senja. Sakit atau tidaknya seseorang di masa tua nanti, berpengaruh terhadap apa yang dilakukan di masa muda.

Enggak percaya? Berikut 7 rahasia awet muda di usia senja yang patut kamu coba, dilansir dari Health.

1. Pertahankan Sifat Positif

Kamu adalah apa yang dipikirkan saat ini. Maka dari itu, berusahalah untuk terus berpikir positif agar bisa awet muda. The Journal of American Medical Association menyampaikan, orang tua yang menganggap usia sebagai alat untuk kebijaksanaan, lebih dari 40 persen akan terhindar dari penyakit.

2. Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi

Nutrisi berperan penting dalam tubuh, terutama dalam menjaga kesehatan agar kamu selalu awet muda di usia senja. Dr. Jeffrey Benabio, direktur kesehatan di Kaiser Permanente Primary Care menyatakan, “Penelitian baru menunjukkan, diet rendah glisemik tinggi pada buah dan sayuran segar, biji-bijian, serta protein tanpa lemak merupakan makanan yang paling sehat.”

3. Perhatikan Porsi Makanan

Makan berlebih menyebabkan rentang hidup yang lebih pendek akibat munculnya penyakit kardiovaskular seperti jantung dan diabetes. Agar tetap awet muda di usia senja, sebaiknya kamu mempertahankan diet seimbang sesuai rekomendasi dari ahli kesehatan.

4. Olahraga Teratur

Olahraga teratur adalah bagian penting dari penuaan yang baik. Menurut Fabio Comana, instruktur National Academy of Sports Medicine, perempuan mulai kehilangan massa otot antara usia 30 sampai 70 tahun. Akan tetapi, olahraga teratur mampu meningkatkan massa dan kekuatan otot, sehingga akan tetap terlihat awet muda hingga umur 90-an.

5. Utamakan Interaksi Sosial

Interaksi sosial terhadap teman dan saudara membantu kamu hidup awet muda di usia senja. Ikatan sosial berpotensi meningkatkan 50 persen kesempatan hidup dibanding mereka yang tidak suka berinteraksi sosial.

6. Lindungi Kulit dari Sinar Matahari

Terlalu banyak menghabiskan waktu di bawah sinar matahari dapat menyebabkan keriput atau penyakit kanker. Sinar matahari sebenarnya bagus untuk memicu produksi vitamin D, tapi terlalu lama juga tidak bagus.

7. Tidur Cukup

Termasuk rahasia penting agar awet muda di usia senja. Menurut National Sleep Foundation, waktu tidur dianjurkan selama tujuh sampai sembilan jam. Kurang tidur dapat menyebabkan obesitas, penyakit jantung, dan diabetes. [DF]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: