Hati-hati, Minuman Soda Berisiko Penyakit Asma pada Anak

TrubusLife
| Followers 0
19 Des 2017   12:30

Komentar
Hati-hati, Minuman Soda Berisiko Penyakit Asma pada Anak

Minuman soda tingkatkan risiko penyakit asma. (Foto: Pixabay/ photoAC)

Trubus.id -- Minuman soda atau yang mengandung fruktosa cukup berbahaya dikonsumsi anak usia dini, berisiko menimbulkan penyakit asma. Selain itu, ibu yang sering minum minuman fruktosa tinggi saat hamil juga berisiko mengembangkan penyakit asma pada calon anak.

Untuk menilai hubungan antara penyakit asma pada anak dengan minuman soda, peneliti memeriksa data kebiasaan makan 1.000 pasangan ibu dan anak. Serta informasi tentang kesehatan anak, termasuk apakah mereka telah terdiagnosis penyakit asma pada usia 7 hingga 9 tahun.

Hasilnya, perempuan yang mengonsumsi minuman bersoda atau mengandung fruktosa selama kehamilan, 70 persen lebih mungkin memiliki anak yang didiagnosis mengidap penyakit asma.

“Penelitian sebelumnya telah menghubungkan asupan minuman soda dengan obesitas. Kenyatannya, minuman soda dapat mempengaruhi penyakit asma tanpa melalui obesitas,” kata Sheryl Rifas-Shiman dari Harvard Medical School.

Menurut Sheryl, temuan ini menunjukkan adanya mekanisme tambahan bahwa minuman soda dan fruktosa mempengaruhi risiko penyakit asma, melebihi efeknya pada obesitas.

Anak usia dini yang mengonsumsi makanan atau minuman dengan fruktosa tinggi, 79 persen lebih mungkin mengembangkan penyakit asma dibanding mereka yang jarang atau tidak pernah mengonsumsi fruktosa.

“Kami tidak tahu bagaimana minuman soda menyebabkan penyakit asma secara rinci. Namun, kami percaya setidaknya ada kandungan pada minuman soda dan fruktosa yang meningkatkan peradangan, mempengaruhi perkembangan paru-paru anak dan menyebabkan penyakit asma,” tambah Sheryl. [DF]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: