Sungai Ini Tercemar 795.000 Liter Minyak Akibat Pipa Bocor

TrubusLife
| Followers 0
17 Nov 2017   15:30

Komentar
Sungai Ini Tercemar 795.000 Liter Minyak Akibat Pipa Bocor

Sungai tercemar minyak akibat pipa bocor. (Foto: Istimewa)

Trubus.id -- Sebuah pipa perusahaan minyak TransCanada di South Dakota, Amerika Serikat terpaksa ditutup sementara karena telah membocorkan sekitar 795.000 liter minyak yang membuat sungai tercemar.

Ini adalah kebocoran pipa terbesar yang pernah terjadi sepanjang sejarah menurut juru bicara Departemen Lingkungan dan Sumber Daya Alam di South Dakota. Sebelumnya masyarakat telah melakukan unjuk rasa penolakan perpanjangan jaringan pipa dari Kanada ke Texas karena kekhawatiran pipa bocor.

Komisi Pelayanan Publik di Nebraska dalam waktu dekat ini akan mengumumkan apakah mereka mengizinkan perpanjangan pipa kilang minyak ini untuk dialihkan melalui negara. Menurut Jane Kleeb selaku direktur relawan Bold Alliance, “Kami ingin memastikan masyarakat Nebraska mengetahui keputusan ini demi hak kepemilikan dan air bersih.”

Sebelumnya, Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama telah memblokir pembangunan pipa minyak tersebut pada tahun 2015 karena alasan kemungkinan dampak lingkungan yang membuat sungai tercemar

Departemen Luar Negeri pernah meninjau pada tahun 2014 lalu, pipa tersebut tidak akan meningkatkan emisi gas rumah kaca secara signifikan, tapi pemerhati lingkungan tetap menentang perpanjangan pipa karena potensi kebocoran.

“Amerika Serikat merupakan pemimpin global ketika harus mengambil tindakan serius untuk memerangi perubahan iklim. Penyetujuan akan proyek pemanjangan pipa secara enggak langsung membuat Amerika tak lagi memimpin hal tersebut,” jelas Obama kala itu.

Akan tetapi, Presiden Donald Trump malah menyetujui perpanjangan pipa tersebut pada Bulan Maret 2017 lalu guna memenuhi janji utamanya. Menurut Departemen Luar Negeri, proyek pipa menciptakan 42.100 pekerjaan baru yang sebagian besar bersifat sementara. Namun, kini proyek pipa tersebut malah membuat sungai tercemar.[KW]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: