Limbah Rumput Laut Sumber Pupuk Organik Terbaik 

TrubusLife
Karmin Winarta
15 Nov 2017   22:30 WIB

Komentar
Limbah Rumput Laut Sumber Pupuk Organik Terbaik 

Rumput laut (Foto: Istimewa)

Trubus.id -- Tumpukan limbah rumput laut yang terbuang begitu saja di pabrik agar-agar dapat dimanfaatkan menjadi pupuk organik apabila dicampurkan dengan pupuk kandang.

Pupuk kandang yang dicampurkan pada limbah rumput laut dapat mempercepat penguraian mikroba pada limbah sehingga menjadi unsur hara yang siap diserap tanaman.

Pupuk organik yang berasal dari limbah rumput laut sudah banyak dimanfaatkan di beberapa daerah di Indonesia. Pupuk organik dari rumput laut ini juga dapat dijadikan campuran media tanam.

Sebelum digunakan, campuran media tanam tersebut perlu difermentasi dulu selama 2 minggu. Limbah rumput laut terbukti dapat memicu pertumbuhan tanaman dan mencerahkan warna daun. Rumput laut kaya akan kandungan hara, mineral, protein, tepung, gula, serta vitamin A, C, dan D.

Kandungan mineral yang ada pada limbah rumput laut, yaitu besi, iodin, aluminium, mangan, kalsium, nitrogen, fosfor, sulfur, chlor, silikon, rubidium, strontium, barium, titanium, kobalt, boron, tembaga, dan kalium. 

Limbah rumput laut akan berfungsi baik pada tanaman apabila dicampur dengan bahan organik lainnya dari darat. Hal ini disebabkan oleh kandungan asam humat rumput laut yang lebih rendah dari bahan organik yang ada di darat. Asam humat berfungsi untuk meningkatkan kapasitas tukar kation (KTK) tanah. Limbah rumput laut mampu meningkatkan kandungan mineral yang ada pada media tanam.

Salah satu negara maju seperti Inggris memanfaatkan rumput laut sebagai pupuk sejak lama. Rumput laut sengaja diekstraksi agar vitamin, asam amino, karbohidrat, enzim, dan asam algin lebih mudah diserap oleh tanaman.[KW]

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: