Berkebun Buah, Hobi Asyik yang Menyehatkan

TrubusLife
Astri Sofyanti
06 Nov 2020   16:11 WIB

Komentar
Berkebun Buah, Hobi Asyik yang Menyehatkan

Ilustrasi - Kegiatan berkebun menjadi hal yang mengasyikan dan menyehatkan. (Unsplash/CDC)

Trubus.id -- Berinteraksi dengan tumbuhan ketika berkebun tak hanya mengasyikkan, tetapi juga bisa menyehatkan fisik dan pikiran loh. Tak hanya itu, dengan berkebun Anda juga telah ikut andil untuk menghijaukan lingkungan.

Salah satu pilihan berkebun yang bisa Trubus Mania lakukan adalah menanam tanaman buah. Nah Trubus.id merekomendasikan Anda untuk menanam buah lengkeng. Kenapa lengkeng? Kini, tanaman buah lengkeng tak hanya bisa ditanam di dataran tinggi saja loh, tetapi juga bisa dikembangkan di dataran rendah. Salah satu lengkeng introduksi yang cocok di dataran rendah adalah lengkeng matalada.

Lengkeng dataran rendah menjadi jawaban para pecinta buah lengkeng yang berada di kota-kota yang berada di dataran rendah misalnya Jakarta, Depok, Bekasi dan sekitarnya, atau kota-kota lainnya. Lengkeng jenis ini telah berhasil membuktikan bahwa tanaman lengkeng tak hanya mampu tumbuh dan berbuah pada dataran tinggi yang berhawa sejuk.

Lengkeng matalada ini memiliki banyak keunggulan diantaranya mudah berbuah, warnanya yang unik dan cenderung lebih putih dibanding varietas lengkeng lainnya, bijinya yang cenderung kecil, rasanya yang manis, perawatannya mudah dan peluang usahanya menjanjikan karena dalam setahun bisa panen sebanyak tiga kali,” kata Sandiko, Trainer Agribisnis Toko Trubus.

Keunggulan lain lengkeng dataran rendah seperti jenis matalada ini relatif jauh dari hama. Tingkat adaptasi lengkeng dataran rendah, dapat ditanam pada tanah grumosol, laktosol, andosol, lempung berpasir atau dibudidayakan di dalam pot (tambulampot).

Buah lengkeng matalada sedikit lebih besar dari koin Rp500, diameternya sekitar 2,5 sampai 3 sentimeter. Daging buah tampak transparan dan kering. Daun kelengkeng mata lada membulat di tengah dan berujung runcing, serta berwarna hijau tua.

Diakui Sandiko, lengkeng matalada ini cocok sekali jika ditanam di pekarangan rumah dengan media tabulampot. Untuk mendapatkan bibit lengkeng matalada yang berkualitas Trubus Mania bisa langsung berkeunjung ke Toko Trubus terdekat di kotamu. Serta dapakan diskon sebesar 20 persen di bulan November untuk pembelian tanaman buah lengkeng matalada. Selamat berkebun…

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: