Populasi Lebah Liar Menurun Drastis Akibat Paparan Pestisida dari Areal Pertanian

TrubusLife
Syahroni
15 Okt 2020   15:30 WIB

Komentar
Populasi Lebah Liar Menurun Drastis Akibat Paparan Pestisida dari Areal Pertanian

Populasi lebah liar menurun drastis akibat dampak paparan pestisida di areal pertanian. (Shutterstock)

Trubus.id -- Populasi lebah liar menurun secara dramatis akibat pestisida dan kelangkaan makanan. Hal ini terungkap setelah ilmuan dari UC Davis melakukan penelitian yang hasilnya kemudian dipublikasikan di jurnal Proceedings of the Royal Society B.

Para peneliti menemukan bahwa efek peracikan dari paparan pestisida dan hilangnya tanaman berbunga telah mengurangi reproduksi lebah kebun biru sebesar 57 persen.

“Sama seperti manusia, lebah tidak menghadapi satu tekanan atau ancaman,” kata pemimpin penulis studi Dr. Clara Stuligross. “Memahami bagaimana berbagai pemicu stres saling mempengaruhi sangat penting, terutama untuk populasi lebah dalam sistem pertanian, di mana lebah liar biasanya terpapar pestisida dan makanan menjadi langka.”

Studi tersebut menunjukkan bahwa pestisida memiliki dampak terbesar pada aktivitas bersarang dan keberhasilan reproduksi. Paparan pestisida ditemukan dapat mengurangi reproduksi lebah setidaknya 1,75 kali lebih banyak daripada kelangkaan makanan.

Reproduksi lebah terutama dipengaruhi oleh dua faktor - kemungkinan betina akan bersarang dan jumlah keturunan yang mereka miliki. Studi tersebut menunjukkan bahwa lebah betina yang terpapar pestisida dan kekurangan makanan menunda mulainya bersarang selama 3,6 hari dan menghabiskan lima hari lebih sedikit untuk bersarang.

Menurut rekan penulis studi Profesor Neal Williams, ini adalah penundaan yang substansial mengingat lebah hanya bersarang selama beberapa minggu. Produksi lebah betina juga menentukan kesehatan populasi lebah di masa depan.

“Di dunia lebah, jantan tidak terlalu penting,” kata Profesor Williams. "Jumlah jantan jarang membatasi pertumbuhan populasi, tetapi jumlah betina yang lebih sedikit akan mengurangi potensi reproduksi generasi berikutnya."

Para ahli menemukan bahwa paparan pestisida secara dramatis mengurangi kemungkinan bahwa bahkan satu lebah betina akan lahir di antara keturunannya. Hanya 62 persen dari betina yang bersarang yang terpapar pestisida menghasilkan keturunan betina juga. Di sisi lain, 92 persen lebah yang tidak diberi pestisida menghasilkan setidaknya satu betina.

Penulis penelitian mengatakan temuan tersebut dapat membantu petani membuat keputusan tentang bagaimana mereka mengelola lingkungan di sekitar lahan pertanian mereka. Hasil studi tersebut menegaskan perlunya petani untuk memikirkan dengan cermat di mana mereka menanam bunga untuk membantu menghindari paparan pestisida. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Begini Cara Tepat Hindari Kontaminasi Bakteri Pada Tanaman Tomat

Plant & Nature   19 Okt 2020 - 18:04 WIB
Bagikan: