Sehat dan Lepas Stres dengan Menanam Buah di Pekarangan

TrubusLife
Astri Sofyanti
28 Agu 2020   10:08 WIB

Komentar
Sehat dan Lepas Stres dengan Menanam Buah di Pekarangan

Jambu madu deli. (Trubusid/Astri Sofyanti)

Trubus.id -- Selain mengisi waktu luang, kegiatan berkebun dan memelihara tanaman memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Kegiatan berkebun seolah menjadi hobi banyak orang, bahkan kini menjadi hobi baru di masa pandemi Covid-19.

Kegiatan berkebun biasanya dilakukan di luar ruangan. Ketika berkebun, tubuhmu akan terpapar sinar matahari. Sinar matahari di pagi hari, menghasilkan sinar ultraviolet atau UV yang bila menyentuh kulit akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin D.

Vitamin D memiliki peranan penting dalam menjaga daya tahan tubuhmu, sehingga kamu tidak mudah sakit. Selain itu, vitamin ini juga bermanfaat untuk meningkatkan penyerapan kalsium yang berguna untuk menguatkan tulang-tulangmu, lho.

Menanam tanaman yang kamu sukai dan melihat perkembangannya setiap hari, mulai dari tumbuhnya tunas, daun, bunga, hingga buah atau sayuran yang dapat kamu panen, dapat membuatmu merasa bahagia dan bangga. Seiring tanamanmu tumbuh dan berkembang, pemandangan di rumah pun menjadi lebih asri dan menyejukkan hati.

Tidak hanya itu, paparan sinar matahari ketika kamu bercocok tanam atau sekadar menyiram tanaman kesayanganmu juga dapat memicu otak untuk melepaskan hormon serotonin, yakni hormon yang dapat meningkatkan suasana hatimu. Jadi, dengan aktivitas sederhana ini, akan membuat perasaanmu jauh lebih baik.

Selain itu, kamu bahkan bisa bebas memilih tanaman apa yang ingin kamu tanam, mulai dari tanaman hias, sayur hingga tanaman buah. Berbicara tentang tanaman buah, Trubus.id merekomendasikan kamu untuk menanam jambu madu deli hijau atau yang dikenal dengan nama jambu MDH.

Meski tidak semua rumah memiliki pekarangan luas untuk ditanami tumbuhan, berkebun tetap bisa dilakukan dengan mengaplikasikan metode urban farming, yaitu dengan memanfaatkan pot hingga menerapkan sistem tanam tanpa tanah atau hidroponik.

Jika kamu tertarik untuk menanam jambu madu deli hijau, kamu bisa mencoba menanam dengan metode tabulampot atau tanam buah dalam pot. Tabulampot kini menjadi salah satu pilihan cara bertanam yang digemari masyarakat, terutama di perkotaan karena tidak membutuhkan lahan pekarangan yang luas.

Selain dapat di konsumsi sendiri, keberadaan tabulampot di rumah bisa untuk mempercantik pekarangan rumah.

Untuk menanam jambu madu deli hijau, kamu bisa mendapatkan bibit jambu madu deli unggul di Toko Trubus. Toko Trubus memberikan diskon sebesar 20 persen pada bulan September untuk pembelian tanaman jambu madu deli dan tanaman buah lainnya.

Tak hanya menyediakan bibit ataupun tanaman, Toko Trubus juga menyediakan berbagai kebutuhan berkebun mulai dari pupuk, media tanam, pot hingga perlengkapan berkebun lainnya. Untuk mendapatkan produk-produk pertanian di Toko Trubus, kamu bisa mengunjungi website di www.tokotrubus.co.id ataupun mengunjungi langsung Toko Trubus terdekat.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Begini Cara Tepat Hindari Kontaminasi Bakteri Pada Tanaman Tomat

Plant & Nature   19 Okt 2020 - 18:04 WIB
Bagikan: