Waspada, Parasit yang Tumbuh Subur di Kotak Kotoran Kucing Bisa Picu Alzheimer

TrubusLife
Syahroni
28 Juli 2020   18:00 WIB

Komentar
Waspada, Parasit yang Tumbuh Subur di Kotak Kotoran Kucing Bisa Picu Alzheimer

ilustrasi. (Istimewa)

Trubus.id -- Hasil penelitian menunjukkan, ada kaitan antara kotoran kucing dengan penyakit Alzheimer. Menurut para peneliti, masalah ini timbul karena adanya parasit kecil bernama Toxoplasma gondii. 

Parasit ini bisa tumbuh subur di kotak kotoran yang yang jarang dibersihkan. Kondisi ini tentunya menjadi ancaman bagi wanita hamil yang bersinggungan dengan kotak kotoran ini. Tak hanya itu, parasit ini juga berisiko bagi pemilik kucing lain yang meraup kotak kotoran dan lupa mencuci tangannya dengan seksama setelahnya.

Jika seseorang terinfeksi T. gondii, parasit bergerak ke otak mereka. Di sana, dapat meningkatkan risiko kecemasan, skizofrenia, dan bahkan kanker otak. Para ilmuwan juga mencari tahu apakah infeksi dapat menyebabkan penyakit Alzheimer atau tidak.

Ilmuwan menerbitkan penelitian ini di Journal of Parasitology. Editor jurnal Michael Sukhdeo dari Rutgers University mengatakan bahwa Alzheimer's-T. Link gondii kemungkinan karena “parasit suka hidup di otak.

Dalam penelitian mereka, mereka melihat tikus yang terinfeksi T. gondii, serta tikus lain yang diubah untuk menunjukkan gejala yang mirip dengan Alzheimer. Para peneliti menemukan bahwa tikus yang terinfeksi parasit menunjukkan gangguan pada pembelajaran dan memori mereka yang meniru gejala klasik Alzheimer.

Mereka juga mencatat bahwa infeksi mengubah kimia otak tikus dan meningkatkan peluang mereka mengembangkan Alzheimer.

Temuan ini meningkatkan risiko kesehatan yang ditimbulkan oleh kotoran kucing pada wanita hamil, tetapi itu juga berarti bahwa orang dewasa lain harus lebih berhati-hati ketika menangani kotoran kucing. Orang yang terinfeksi mungkin melihat gejala seperti flu; mereka juga tidak mengalami gejala apa pun. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Kiprah 3 Srikandi Berkarya Bagi Negeri di Masa Pandemi

Selebrity   07 Agu 2020 - 14:48 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: