Jarang Diketahui, Ini Dia Harta Karun yang Terkandung Pada Sekam Biji Alpukat

TrubusLife
Syahroni
24 Juli 2020   18:00 WIB

Komentar
Jarang Diketahui, Ini Dia Harta Karun yang Terkandung Pada Sekam Biji Alpukat

ilustrasi. (Shutterstock)

Trubus.id -- Alpukat banyak ditemukan di berbagai negara. Di Indonesia sendiri, buah ini cukup melimpah. Biasanya alpukat dimakan hanya daging buahnya saja. Sementara kulit, biji, dan sekam bijinya terbuang sia-sia. 

Tapi sekarang, penelitian baru telah menemukan banyak sifat menguntungkan dari sekam biji alpukat yang dapat mengurangi limbah makanan dan menyediakan perawatan baru untuk penyakit serius.

Debasish Bandyopadhyay, Ph.D dari Universitas Texas Rio Grande Valley, dan rekan-rekannya melakukan penelitian menggunakan sekam biji kering dari 300 alpukat. Tim mengolahnya menjadi bubuk untuk membuat lilin dan minyak yang ditemukan mengandung harta karun senyawa kimia obat. Ada 116 senyawa kimia yang ditemukan dalam minyak dan 16 dalam lilin, yang diyakini para peneliti berasal dari sekam biji.

"Bisa jadi sekam biji alpukat, yang oleh sebagian besar orang dianggap sebagai limbah, sebenarnya adalah permata permata karena senyawa obat di dalamnya akhirnya dapat digunakan untuk mengobati kanker, penyakit jantung, dan kondisi lainnya," kata Bandyopadhyay.

Para peneliti mengidentifikasi senyawa seperti behenyl alcohol dalam minyak, yang digunakan dalam pengobatan anti-virus. Mereka juga menemukan heptacosane, yang dapat membantu menghambat sel-sel tumor, dan asam dodecanoic, yang dapat mengurangi risiko atherosclerosis.

Ada juga kemungkinan sekam biji alpukat digunakan untuk meningkatkan kosmetik, parfum, dan plastik. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Kiprah 3 Srikandi Berkarya Bagi Negeri di Masa Pandemi

Selebrity   07 Agu 2020 - 14:48 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: