7 Sungai Terkotor di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?

TrubusLife
| Followers 0
10 Nov 2017   06:30

Komentar
7 Sungai Terkotor di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?

Sungai Yangtze terkotor di China. (Foto: Istimewa)

Trubus.id -- Ada sekitar empat juta ton sampah plastik yang tersebar di sungai setiap tahun. Sekitar 66 persen sampah plastik itu berasal dari tujuh sungai terkotor di dunia.

Beruntung, sungai yang ada di Indonesia tidak masuk di dalamnya. Penasaran apa saja yang termasuk 7 sungai terkotor di dunia? Yuk, kita simak paparannya.

1. Sungai Yangtze, China

Kru pembersih sampah di Sungai Yangtze harus memiliki keahlian khusus panjat tebing. Itu karena ada begitu banyak sampah plastik di sana. Setiap bulan, petugas kebersihan menurunkan satu dari empat anggota untuk membersihkan tebing yang penuh dengan sampah. Salah satu anggota kru Qian Guanghong menyatakan, “Kami membersihkan satu ton sampah setiap saat.”

2. Sungai Kuning, China

Sungai Kuning punya julukan sebagai ‘duka China’ lantaran menyebabkan banjir dengan konsekuensi yang menghancurkan selama berabad-abad. Warna kuning yang terdapat pada sungai disebabkan air mengangkut sedimen 10 sampai 20 kali lebih banyak dari batas fisik yang ditentukan.

3. Sungai Hai He, China

Sungai Hai He merupakan sistem air terbesar di China. Dibentuk oleh lima sungai besar dan 300 anak sungai. Lima sungai besar yang membentuk Sungai Hai He, yaitu Terusan Utara, Yongding, Daqing, Ziya, dan Terusan Selatan. Mungkin, inilah yang menyebabkan Sungai Hai He masuk dalam daftar sungai terkotor di dunia.

 

4. Sungai Pearl, China

Sungai Pearl terkenal bau limbah, karena ada pabrik yang dibangun di pinggir sungai dan gedung apartemen. Kabarnya, penutup beton pada sungai gagal menahan bau dari sana. Namun kini, pemerintah tengah mengelola sistem pengolahan limbah di sungai agar tak lagi bau.

5. Sungai Indus, Pakistan

Foto: Istimewa

Menurut Environmental Protection Agency (EPA), Sungai Indus tercemar karena tingkat dari berbagai parameter sangat tinggi. Cukup untuk mengklasifikasikan sungai ini dalam kategori sangat tercemar.

6. Sungai Gangas, India

Sungai Gangas terkenal kotor karena limbah industri. Hal ini membuat para aktivis kesehatan dan lingkungan kecewa dengan kinerja pemerintah, yang tidak memiliki kebijakan untuk mengurangi sanitasi dan polusi yang menghasilkan beragam penyakit muncul menyerang warga.

7. Sungai Niger, Nigeria

Warga di sekitar Sungai Niger sangat terancam kondisi kesehatannya akibat polusi lingkungan. Sungai Niger tercemar akibat polusi minyak dari industri dan sampah plastik

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: